Usir Kantuk & Lemas, Ini 3 Minuman Segar Menyehatkan untuk Siang Hari

DokterSehat - Manfaat Air Kelapa untuk ibu hamil
Photo Credit: Flickr.com/John Revo Puno

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering merasa lemas dan mengantuk di siang hari? Dua hal ini memang sangat menggangu, apalagi jika aktivitas sedang padat dan menuntut konsentrasi yang maksimal.

Selain melakukan peregangan dan gerakan ringan di tempat kerja, asupan gizi yang tepat, bisa memiliki peran penting yang mampu mendukung tubuh menjadi tetap produktif dan bersemangat di siang hari.

doktersehat-makanan-minuman-saat-berbuka
Photo Credit: Flickr.com/Shereveport-Bossier Convention and Tourist Bureau’s photostream

Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi minuman, karena minuman udah dan cepat diserap oleh tubuh.

Lalu, minuman seperti apa yang bisa dipilih untuk dikonsumsi di siang hari?

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari minuman, maka pemilihan jenis minuman saat siang hari haruslah dilakukan dengan tepat.

Memilih minuman di siang hari dengan asal, bisa jadi membuat tubuh jadi cepat lemas, apalagi jika minuman yang dipilih adalah minuman yang banyak mengandung kalori, gula dan lemak.

Maka dari itu, minuman yang dipilih saat siang hari sebaiknya adalah minuman yang:

  • Memiliki banyak kandungan cairan alami
    Minuman yang terbuat dari atau dengan tambahan cairan alami, utamanya dari buah atau sayur, memiliki kandungan vitamin dan mineral alami. Hal ini yang membuat minuman dengan cairan alami lebih unggul dari minuman biasa. Selain itu, cairan yang ada pada buah atau sayur bisa diserap dengan lebih baik oleh tubuh.
  • Kaya vitamin dan mineral
    Minuman yang dipilih untuk dikonsumsi siang hari sebaiknya adalah minuman yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Hal ini penting karena keduanya memiliki peran yang mampu mendukung fungsi organ dan sistem tubuh yang lebih optimal.
  • Mengandung elektrolit
    Minuman yang banyak mengandung elektrolit bisa dengan mudah diserap dan mendukung fungsi sel tubuh. Asupan elektrolit dalam tubuh, bisa mendukung fungsi sel tubuh lebih optimal karena memberikan asupan elektrolit yang baik untuk fungsi dan metabolisme tubuh secara umum.

Lantas, apa saja pilihan minuman yang sehat dan menyegarkan untuk dikonsumsi saat siang hari?

Berikut beberapa pilihan minuman yang bisa menghalau ngantuk dan lemas saat siang hari:

1. Infused water

Minuman yang sempat hits beberapa waktu belakangan ini bisa Anda pilih sebagai jenis minuman yang mampu mendukung tubuh yang tetap bersemangat di siang hari.

doktersehat-minuman-lemon-dan-mint
Source: Flickr.com

Infused water adalah minuman dengan kandungan cairan yang tinggi serta dilengkapi vitamin dan mineral dari buah.

Anda sebaiknya memilih buah yang kaya rasa agar infused water yang Anda konsumsi bisa memberikan sensasi yang menyegarkan.

Jeruk, jeruk nipis, stroberi atau kiwi bisa jadi pilihan buah yang dicampurkan dalam infused water super segar yang Anda buat. Agar asupan vitamin dan mineral bisa lebih optimal dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi buah yang sudah dicampurkan dalam infused water tersebut sekaligus, ya.

2. Air kelapa

Siapa sih yang bisa menolak untuk minum air kelapa di siang hari, apalagi jika udara sedang panas-panasnya?

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa memang sangat tepat dipilih sebagai minuman yang banyak mengandung cairan dan elektrolit.

manfaat-air-kelapa-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

Hal ini membuat air kelapa menjadi pilihan minuman yang super menyegarkan dan bermanfaat untuk mencegah tubuh lemas dan mengantuk.

Agar manfaatnya maksimal, hindari menambahkan banyak pemanis atau krimer kental manis pada minuman kelapa Anda.

Tambahkan madu secukupnya, serta konsumsi daging kelapa untuk menambah asupan serat harian, bisa Anda pilih agar minuman yang Anda konsumsi menjadi super sehat untuk tubuh.

3. Jus atau smoothies buah dan sayur

Selain dua minuman di atas, Anda bisa memilih minuman yang sudah terbukti manfaatnya untuk kesehatan yang satu ini.

Ya, jus atau smoothies bisa jadi pilihan minuman yang super sehat untuk siang hari. Anda bisa memilih berbagai jenis buah dan sayur dan mengombinasikannya. Pilih buah dan sayur yang kaya rasa agar jus yang Anda buat super segar dan sehat!