Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sahur adalah saat paling penting kalau Anda sedang puasa. Sahur akan menentukan apakah Anda nantinya kuat saat puasa atau tidak. Kalau Anda bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan baik, Anda tidak akan mengalami gangguan lapar berlebihan hingga dehidrasi.

5 Jenis Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur

Nah, siapkan makanan dengan konsep 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, jauhi beberapa minuman di bawah ini karena bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi saat sahur:

  1. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena bisa memberikan tubuh energi yang banyak dari kandungan kafeina yang terserap. Sayangnya, kafeina dari kopi tidak terlalu baik untuk kesehatan kalau dikonsumsi secara berlebih khususnya saat sedang puasa.

Mengonsumsi kopi secara berlebih khususnya saat sahur akan membuat tubuh Anda menjadi lemas. Kondisi ini terjadi karena kopi bersifat diuretik sehingga Anda akan mudah sekali kencing atau BAB selama puasa.

Kalau Anda sering kencing, cairan di dalam tubuh perlahan-lahan akan habis. Kalau sampai cairan tubuh habis, Anda akan mengalami gangguan seperti dehidrasi yang merembet pada pusing, mual, dan pingsan kalau sampai parah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Supaya kondisi dehidrasi tidak terjadi, sebisa mungkin untuk minum kopi saat berbuka puasa saja. Kalau saat sahur lebih baik minum air putih agak hangat saja agar pencernaan berjalan dengan lancar.

  1. Teh

Teh terlihat tidak terlalu bahaya dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat saat sahur. Namun, teh juga mengandung kafeina yang sama dengan kopi meski jumlahnya tidak terlalu banyak. Kandungan ini juga membuat Anda terus mengeluarkan cairan tubuh karena terus kencing setiap beberapa menit.

Alternatif lain dari teh adalah jus buah. Anda bisa membuat jus buah yang banyak mengandung serat seperti avokad dan juga semangka. Minum jus itu sebelum imsak agar Anda bisa lebih kenyang dan tidak mengalami gangguan pada perut.

  1. Minuman terlalu asam

Minuman yang terlalu asam seperti perasan jeruk nipis yang tidak dicampur apa-apa akan menyebabkan asam lambung naik dengan cepat. Minuman ini akan membuat Anda sering mulas setelah sahur karena lambung mengalami peningkatan keasaman sementara pencernaan belum berjalan dengan lancar.

Anda yang memiliki maag atau gastritis harus menghindari minuman yang terlalu dingin karena bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas, berkeringat, dan ulu hati terasa sakit selama berjam-jam.

Kalau Anda ingin minum sesuatu yang asam dengan dalih melancarkan BAB dan mencegah sembelit, coba ganti dengan air hangat saja.

  1. Minuman soda

Soda apa pun jenisnya tetap tidak baik untuk tubuh apalagi diminum saat sedang sahur. Soda akan membuat perut jadi penuh dan akhirnya Anda merasakan begah saat akan tidur kembali.

Mengonsumsi minuman soda juga akan membuat Anda jadi sakit perut karena keasaman dari lambung akan naik. Daripada minum soda lebih baik minum sari buah yang memiliki rasa manis.

  1. Minuman terlalu manis

Barangkali Anda sering minum sesuatu yang hangat dan manis saat sahur karena bisa memberikan kenyamanan. Kalau Anda minum air manis beberapa teguk saja mungkin tidak masalah, tapi kalau sampai bergelas-gelas bisa menjadi masalah yang serius.

Kadar insulin di dalam tubuh akan meningkat saat siang hari karena Anda kelebihan asupan gula. Kalau kondisi ini sapai terjadi, tubuh akan merasakan lapar lebih besar dan ini akan mengganggu Anda.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi