7 Minuman Ini Jangan Dikonsumsi Saat Perut Kosong

jus_jeruk_dingin_beku_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Meski perut kosong dalam waktu yang lama, terkadang kita tidak ingin makan atau merasakan lapar. Kita hanya tertarik untuk mengonsumsi minuman demi mengatasi dehidrasi atau sensasi kering pada saluran pencernaan. Masalahnya adalah terkadang kita mengonsumsi minuman yang kurang tepat. Meski menyegarkan, minuman-minuman ini justru bisa membuat datangnya masalah kesehatan karena dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong.

Berbagai Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut masih kosong.

Berikut adalah minuman-minuman tersebut.

  1. Jus jeruk

Jus jeruk dikenal luas sebagai minuman yang menyegarkan. Minuman ini juga nikmat untuk dikonsumsi baik itu dalam kondisi dingin ataupun hangat. Sayangnya, pakar kesehatan menyebut minuman ini memiliki sifat asam sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lambung. Bahkan, bagi sebagian orang, mengonsumsinya saat perut kosong akan memicu asam lambung tinggi atau GERD.

Selain jus jeruk, minuman yang terbuat dari buah sitrus lainnya seperti lemon atau jeruk nipis serta buah dengan sifat asam seperti anggur juga bisa memicu masalah asam lambung tinggi.

  1. Minuman dingin

Di Indonesia, minuman dingin cenderung digemari oleh siapa saja. Hal ini disebabkan oleh sensasi segar yang disediakan oleh minuman ini. Apalagi jika suhu udara sedang cukup panas. Masalahnya adalah jika dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong bisa menyebabkan masalah perut kembung.

Pakar kesehatan lebih menyarankan konsumsi minuman hangat saat perut kosong demi membuat pencernaan menjadi lebih lancar, membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik, dan bisa mendukung kinerja sistem metabolisme tubuh.

  1. Kopi

Kopi yang nikmat bisa membantu menghilangkan rasa kantuk dan menambah semangat. Sayangnya, minuman dengan aroma yang khas ini sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat perut masih kosong. Hal ini disebabkan oleh sifat asam dari minuman ini yang bisa memicu peningkatan asam lambung. Selain itu, kita juga akan lebih rentan mengalami perut mulas setelah meminumnya.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda bisa memberikan sensasi kesegaran yang luar biasa. Banyak orang yang sengaja mengonsumsinya saat perut masih dalam kondisi kosong. Sayangnya, hal ini bisa membuat risiko terkena perut kembung dan kenaikan asam lambung bisa meningkat.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan gas di dalam minuman ini yang bisa membuat dampak tersebut. Bahkan, jika kita meminumnya dalam jumlah yang banyak, bisa jadi akan mengganggu saluran pencernaan dan meningkatkan risiko terkena kenaikan berat badan atau diabetes.

  1. Minuman manis

Minuman manis seperti sirup atau teh dan kopi yang diberi tambahan gula yang tinggi memang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja, namun terbiasa meminumnya saat perut kosong akan membuat perut akan terasa tidak nyaman. Selain itu, konsumsi gula dengan berlebihan telah terbukti mampu meningkatkan risiko terkena diabetes, salah satu penyakit yang bisa meningkatkan risiko kematian dini.

  1. Yoghurt

Sebenarnya, yoghurt termasuk dalam minuman yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Tak hanya mendukung program diet, kita bisa menyehatkan pencernaan, pembuluh darah dan jantung jika rajin mengonsumsinya. Sayangnya, mengonsumsi yoghurt saat perut kosong akan membuat perut terasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang cenderung asam sehingga bisa meningkatkan asam lambung bagi sebagian orang.

  1. Alkohol

Sebenarnya, alkohol sebaiknya tidak kita konsumsi karena bisa memberikan dampak kesehatan yang sangat buruk, kapanpun waktunya.