Awas, Asam Urat Bisa Disebabkan Karena Minuman

Photo Source: Flickr/ Simon Law

DokterSehat.Com– Masalah asam urat tinggi seringkali dikaitkan dengan makanan yang kaya akan kandungan purin seperti jeroan, makanan laut, hingga emping. Hanya saja, masalah kesehatan yang menyerang persendian ini ternyata juga bisa disebabkan oleh konsumsi minuman yang tidak sehat.

Sebagaimana kita ketahui, masalah asam urat bisa menyebabkan pembengkakan, sensasi kemerahan, dan hangat di persendian. Penderitanya juga akan merasakan nyeri yang luar biasa atau bahkan sulit untuk menggerakkan persendian. Karena alasan inilah ada baiknya kita mulai menghindari konsumsi beberapa jenis minuman ini demi mencegah datangnya masalah asam urat.

Minuman pertama yang harus dihindari jika kita tidak ingin terkena masalah asam urat adalah minuman beralkohol. Minuman ini telah lama dikenal sebagai minuman yang tidak baik bagi kesehatan karena kandungannya bisa menyebabkan dampak buruk bagi organ-organ dalam. Sebagai contoh, minuman ini bisa menyebabkan penyakit jantung, kerusakan pada liver, dan menyebabkan kanker. Selain itu, ragi yang ada dalam minuman alkohol ternyata juga kaya akan kandungan purin yang tinggi sehingga bisa memicu penumpukan asam urat di dalam persendian.

Minuman berikutnya yang tidak disarankan untuk dikonsumsi jika tidak ingin terkena masalah asam urat adalah minuman dengan kandungan kafein tinggi seperti kopi atau minuman bersoda. Meskipun kopi termasuk dalam minuman yang baik bagi kesehatan, dalam realitanya penderita asam urat sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsinya karena bisa menyebabkan kenaikan kadar asam urat di dalam tubuh.

Minuman lainnya yang bisa menyebabkan masalah asam urat adalah minuman yang mengandung gula fruktosa yang tinggi. Biasanya, minuman ini berupa minuman kemasan dengan rasa yang manis dan menyegarkan yang mudah ditemukan di minimarket atau toko-toko lainnya. Masalahnya adalah kandungan gula fruktosa ini bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan jantung, diabetes, dan asam erat jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Selain menghindari minuman-minuman tersebut, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih setiap hari demi membantu proses peluruhan asam urat secara alami dan meringankan kinerja ginjal, salah satu organ yang juga bisa mengalami dampak jika kadar asam urat di dalam tubuh berlebihan.