Terbit: 17 September 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Anda bisa mengonsumsi minuman penurun kolesterol sehari-hari untuk mencegah kolesterol jahat menumpuk dalam pembuluh darah. Penumpukan kolesterol jahat ini memang harus dicegah karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Lantas, minuman apa saja yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol?

10 Minuman Penurun Kolesterol Jahat dalam Darah

Minuman Penurun Kolesterol Jahat di Tubuh

Salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh adalah dengan menjaga asupan makanan dan minuman. Selain menghindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kolesterol. Anda juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman untuk menurunkan kolesterol.

Berikut adalah 10 minuman penurun kolesterol yang dapat Anda coba:

1. Jus Apel

Apel adalah salah satu buah yang dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan cara dibuat jus.

Konsumsi jus apel dipercaya baik untuk kesehatan jantung karena apel adalah salah satu minuman penurun kolesterol. Polifenol dalam apel membantu mencegah kolesterol jahat teroksidasi. Kolesterol jahat yang teroksidasi dapat menumpuk di arteri dan berbahaya bagi kesehatan jantung.

Sebuah penelitian mengamati orang dewasa sehat yang minum 1,5 cangkir apel –setara dengan 375 ml– setiap hari selama 6 minggu. Hasilnya, kolesterol jahat dalam tubuh terbukti 20% lebih tahan terhadap oksidasi dibandingkan saat di awal penelitian.

2. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah salah satu alternatif susu yang nutrisinya tidak kalah baik dari susu sapi. Protein dalam kedelai ternyata juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dalam darah.

Para peneliti mengevaluasi 43 percobaan tentang efek kedelai terhadap kolesterol LDL. Ditemukan bahwa, konsumsi rata-rata 25 gram protein kedelai per hari selama 6 minggu, dapat menurunkan sekitar 2-3% kolesterol LDL.

Angka tersebut memang tidak terlalu besar, tapi dianggap cukup signifikan. Tentunya manfaat baru dapat dirasakan jika minuman ini dikonsumsi secara rutin.

3. Jus Delima

Minuman selanjutnya yang juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol adalah jus delima.

Delima memang mengandung antioksidan yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari banyak buah lainnya. Salah satu antioksidannya adalah polifenol yang dianggap dapat melindungi jantung, termasuk dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Namun, perlu diketahui bahwa jus delima dapat berinteraksi dengan beberapa obat seperti pengencer darah dan ACE inhibitor. Diskusikan dengan dokter apabila Anda mengonsumsi obat tertentu dan ingin mengonsumsi jus delima.

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Delima, Mengatasi Penyakit Ringan hingga Kronis

4. Jus Jeruk

Minuman untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah jus jeruk yang juga sudah umum dikonsumsi sehari-hari.

Jeruk mengandung fitosterol, yaitu sejenis lemak yang dapat membantu menghalangi penyerapan kolesterol di usus. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jerik juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dan menurunkan risiko penyakit seperti batu ginjal.

Namun, perlu diingat bahwa jeruk sering kali dikaitkan dengan masalah pencernaan seperti heartburn dan kembung. Jadi, sebaiknya jangan konsumsi jus jeruk berlebihan, terutama Anda yang memiliki masalah pencernaan.

5. Teh Hijau

Teh hijau dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk membakar lemak dalam tubuh.

Minuman satu ini ternyata juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat menurunkan sekitar 2-5% kolesterol dalam darah.

Keunggulan lain dari minuman ini adalah kalorinya yang sangat rendah, sehingga Anda tidak perlu khawatir kelebihan kalori ketika meminumnya. Teh hijau yang dimaksud tentunya teh hijau tanpa gula, ya!

6. Teh Hitam

Teh hitam dan teh hijau berasal dari tanaman yang sama, tapi diproses dengan cara yang berbeda.

Sama seperti teh hijau, teh hitam juga ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Salah satu studi acak menemukan bahwa minum lima porsi teh hitam per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 11% pada individu yang mengalami sedikit peningkatan kadar kolesterol.

7. Cokelat

Fitosterol dan flavonol kakao dalam cokelat dapat menurunkan kolesterol sekitar 2-5%.

Jenis cokelat yang dimaksud adalah dark chocolate yang tidak mengandung susu. Kebanyakan produk cokelat sudah memiliki campuran tambahan seperti gula atau susu. Jangan lupa untuk memeriksa kemasan produk untuk memastikan cokelat yang Anda konsumsi adalah cokelat alami tanpa tambahan bahan lainnya.

8. Jus Tomat

Tomat lebih sering dikonsumsi sebagai sayuran, tapi tidak kalah lezat juga bila dikonsumsi sebagai jus.

Tomat mengandung likopen yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sekitar 10-17%. Jumlah yang cukup signifikan, tetapi penelitian lain tidak menunjukkan adanya perubahan signifikan.

Meskipun begitu, tomat tetap dianggap sebagai buah yang baik untuk kesehatan jantung secara umum.

Baca Juga: 8 Manfaat Tomat untuk Diet, Bukan Hanya Turunkan Berat Badan Saja!

9. Jus Alpukat

Alpukat memang buah yang tinggi lemak, tapi lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menurut American Heart Association, konsumsi satu buah alpukat per hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tentunya, mengonsumsinya sebagai jus dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

10. Jus Stroberi

Minuman lain yang tidak kalah populer dari jus alpukat dan dapat menurunkan kolesterol adalah jus stroberi.

Dilansir dari Very Well Health, beberapa penelitian menunjukkan adanya penurunan kolesterol total sebanyak 4-10% dari konsumsi stroberi secara rutin. Selain itu terjadi juga penurunan kolesterol LDL hingga 13% dalam beberapa penelitian.

Beberapa studi memang hanya melibatkan sedikit partisipan sehingga dianggap masih dibutuhkan studi lanjutan tentang manfaat buah ini terhadap kolesterol. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa stroberi memang termasuk dalam buah tinggi antioksidan yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Itu dia berbagai minuman yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Hindari produk yang mengandung gula dan bahan tambahan lainnya.Lebih baik lagi jika Anda mengolah sendiri minuman tersebut di rumah untuk memastikan keasliannya.

Perlu diingat juga bahwa meskipun minuman-minuman tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol, tapi minuman tersebut tidak dapat menyembuhkan kondisi di mana kolesterol terlalu tinggi. Anda mungkin perlu konsultasi ke dokter apabila kadar kolesterol tinggi dan berpotensi menimbulkan berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.

Jangan lupa juga untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kolesterol, olahraga rutin, dan jaga asupan cairan tubuh agar kadar kolesterol tidak meningkat dan tubuh tetap bugar!

 

  1. Anonim. 2019. Soy protein helps lower bad cholesterol a small but important amount. health.harvard.edu/staying-healthy/soy-protein-helps-lower-bad-cholesterol-a-small-but-important-amount. (Diakses 17 September 2020).
  2. Bauer, Brent A. 2017. Pomegranate juice: Can it lower cholesterol?. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/expert-answers/pomegranate-juice/faq-20058560#:~:text=Pomegranate%20juice%20contains%20antioxidants%20at,or%20%22bad%22)%20cholesterol. (Diakses 17 September 2020).
  3. Holland, Brenna. 8 Foods That Lower Cholesterol. https://www.healthcentral.com/slideshow/8-foods-that-lower-cholesterol. (Diakses 17 September 2020).
  4. Enloe, Autumn. 2018. 10 Evidence-Based Health Benefits of Black Tea. https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-benefits. (Diakses 17 September 2020).
  5. McCulloch, Marsha. 2019. 4 Benefits of Apple Juice (And 5 Downsides). https://www.healthline.com/nutrition/apple-juice-benefits#TOC_TITLE_HDR_4. (Diakses 17 September 2020).
  6. Moll, Jennifer. 2019. Can Strawberries Lower Your Cholesterol?. https://www.verywellhealth.com/can-strawberries-lower-your-cholesterol-697913.(Diakses 17 September 2020).
  7. Schaefer, Anna. 2016. Avocados and Cholesterol Control. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/avocado-and-cholesterol. (Diakses 17 September 2020).
  8. Whitbread, Daisy. 2020. Top 10 Cholesterol Lowering Foods. https://www.myfooddata.com/articles/foods-which-lower-cholesterol.php. (Diakses 17 September 2020).

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi