5 Minuman yang Ampuh Turunkan Hipertensi

susu-doktersehat

DokterSehat.Com– Menurunkan tekanan darah tinggi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kita harus benar-benar mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti dengan menurunkan asupan garam, lebih rajin berolahraga, memperbanyak asupan makanan sehat, dan lain-lain. Hanya saja, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengonsumsi beberapa jenis minuman yang dianggap bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Minuman yang bisa menurunkan tekanan darah

Terdapat beberapa minuman yang terbuat dari bahan alami yang ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu akan mencegah datangnya dampak buruk dari masalah hipertensi.

Berikut adalah minuman-minuman tersebut.

  1. Susu rendah lemak

Terdapat beberapa jenis susu yang bisa kita dapatkan di pasaran. Hampir semuanya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Hanya saja, penderita tekanan darah tinggi sebaiknya memilih susu rendah lemak yang jauh lebih baik bagi kondisi kesehatannya.

Kandungan kalsium di dalam susu rendah lemak biasanya sangat tinggi. Hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif. Hal yang berbeda terjadi jika kita minum susu tinggi lemak. Kandungan lemak yang cenderung sulit dicerna oleh tubuh akan membuat proses penyerapan kalsium tidak berjalan dengan lancar. Hal ini akan berdampak pada tekanan darah yang tidak mudah turun.

Sebagian pakar menyarankan penderita hipertensi untuk minum tiga porsi susu rendah lemak. Hanya saja, sebaiknya kita meminta saran pada dokter demi memastikan porsi susu yang tepat bagi kondisi kesehatan kita.

  1. Jus delima

Kandungan di dalam jus delima ternyata bisa bertindak layaknya obat ACE inhibitor, obat penurun tekanan darah. Kandungan ini bisa membuat pembuluh darah melebar sehingga tekanan darah menurun. Tak hanya bisa mengendalikan hipertensi, rutin mengonsumsi jus delima juga bisa mencegah gagal jantung.

Pakar kesehatan menyebut konsumsi jus delima bisa menurunkan tekanan darah sistolik dengan signifikan. Bahkan, plak yang menumpuk pada pembuluh darah arteri bisa dikurangi jumlahnya hingga 30 persen. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya aliran darah menuju jantung.

Jika ingin menurunkan tekanan darah, pakar kesehatan menyarankan penderita hipertensi untuk mengonsumsi setidaknya 177 ml jus delima. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula pada jus ini.

  1. Minum air putih

Meski terlihat sepele, dalam realitanya memperbanyak asupan air putih bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh kemampuan air putih dalam mencegah datangnya dehidrasi.

Tak hanya memicu rasa haus, dehidrasi bisa membuat darah menjadi semakin kental dan akhirnya memperberat kinerja jantung. Hal inilah yang akhirnya membuat tekanan darah naik. Dengan mengonsumsi air putih setidaknya dua liter atau delapan gelas setiap hari, maka kondisi ini bisa dicegah. Darah juga cenderung semakin encer sehingga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

  1. Jus bit

Bit tinggi kandungan potasium dan asam folat, kandungan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif. Buah bit juga tinggi kandungan nitrat yang bisa membuat otot menjadi lebih rileks sekaligus menurunkan tekanan darah.

Pakar kesehatan menyarankan penderita hipertensi untuk mengonsumsi satu atau dua cangkir jus bit setiap hari jika ingin menurunkan tekanan darah dengan efektif.

  1. Teh rosella

Mengonsumsi teh rosella akan membuat kita menurunkan tekanan darah dan risiko terkena gagal jantung. Rutin mengonsumsi tiga cangkir teh ini bisa menurunkan tekanan darah dengan efektif. Pastikan untuk tidak menambahkan gula pada teh tersebut demi mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.