Terbit: 16 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lebaran adalah momen berharga bagi setiap yang merayakannya. Pada hari kemenangan, biasanya setiap orang akan menyiapkan segala sesuatu yang telah menjadi kultur atau budaya sejak dulu, salah satunya adalah memasak berbagai macam masakan spesial, seperti olahan daging, opor ayam, gulai, kare, dan berbagai macam masakan santen lainnya.

Minuman yang Bisa Turunkan Kolesterol dan Lemak Saat Lebaran

Umumnya, makanan tersebut sangat tinggi kadar kolesterol serta lemaknya sehingga tak heran jika setiap orang saat lebaran akan bertambah berat badan. Nah, untuk mencegah kenaikan berat badan tersebut, ada baiknya Anda mengimbanginya dengan minuman sehat yang bisa mengusir kalori. Apa saja minuman itu? Berikut diantaranya:

1. Teh

Untuk menekan penumpukan kolesterol di dalam tubuh, Anda bisa menggunakan teh. Sebab, dalam teh terdapat dua senyawa utama, yitu kaketin dan quercetin. Kedua senyawa ini bisa menghambat sintesis dan menyerap kolesterol sehingga pembekuan darah bisa ditekan. Selain itu, teh juga bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah sehingga menurunkan peradangan akibat makanan tersebut.

2. Air Jahe

Rempah yang satu ini memang sangat baik bagi kesehatan, khususnya untuk menekan jumlah kolesterol di dalam tubuh. Pasalnya, jahe sangat kaya akan enzim dan minyak alami yang bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat menyingkirkan masalah kolesterol jahat. Untuk hasil terbaik, Anda bisa mengonsumsi rebusan jahe tanpa diberi pemanis.

3. Jus Tomat

Tomat memang sangat kaya akan vitamin dan mineral. Rasanya yang cukup lezat pun membuat tomat menjadi primadona bagi kebanyakan orang. Nah, vitamin dan mineral yang terdapat pada tomat bisa membuat Anda menjadi lebih kebal sebab detoks alaminya bisa mengurangi kolesterol, meningkatkan penglihatan, serta bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Air Lemon

Air lemon adalah salah satu minuman favorit saat sedang menjalankan program diet. Air lemon digadang sebagai minuman pembersih kolesterol jahat dikarenakan kandungan asam sitrat yang sangat tinggi. Untuk itu, perbanyaklah mengonsumsi air lemon saat lebaran agar terhindar dari masalah kenaikan berat badan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi