Terbit: 10 April 2020 | Diperbarui: 13 Mei 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Minuman penambah stamina umumnya identik dengan minuman yang tidak sehat. Padahal, kita juga bisa menambah stamina dengan konsumsi makanan atau minuman yang sehat dan tidak menimbulkan efek samping jangka panjang. Simak berbagai minuman penambah stamina tubuh yang aman dikonsumsi berikut ini.

7 Minuman Penambah Stamina yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Minuman Penambah Stamina yang Aman Dikonsumsi

Stamina yang baik dibutuhkan untuk dapat menjalani kegiatan sehari-hari dengan maksimal. Selain itu, stamina yang baik juga identik dengan performa seseorang di ranjang. Konsumsi minuman penambah stamina atau penambah energi instan tentunya tidak akan baik untuk kesehatan.

Berikut adalah berbagai minuman penambah stamina tubuh yang bisa Anda buat di rumah.

1. Jus Hijau

Memulai hari dengan segelas jus memang merupakan ide yang sangat bagus.

Anda bisa mencoba membuat jus hijau di rumah dengan bahan dasar sayur-sayuran. Jus hijau ini tentunya mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan klorofil dalam sayuran hijau juga membantu mengoksigenasi darah, sehingga membuat stamina meningkatkan dan otak lebih tajam.

Cara membuat minuman penambah stamina berupa jus hijau adalah sebagai berikut:

Bahan

  • Mentimun
  • Seledri
  • Kangkung
  • Kale
  • Bayam
  • Peterseli
  • Lemon
  • Jahe (opsional)

Cara membuat

  1. Gunakan juicer atau blender untuk menghancurkan semua bahan sayuran ditambah dengan jahe.
  2. Siapkan jus dalam gelas kemudian tambahkan perasan lemon.
  3. Jus hijau siap untuk disajikan.

2. Teh Hijau dan Delima

Kebanyakan minuman penambah stamina mengandalkan kafein sebagai kandungan utamanya.

Selain dari kopi, teh hijau juga dapat menjadi sumber kafein alami yang dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh. Paduan teh hijau, jus delima, dan biji chia tidak hanya akan membantu meningkatkan energi, tapi juga dapat memberikan asupan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cara membuat minuman penambah stamina dari teh hijau dan jus delima:

Bahan

  • Teh hijau celup
  • Konsentrat delima
  • Biji chia
  • Madu (opsional)

Cara membuat

  1. Seduh teh hijau dalam segelas air panas. Setelah 2-5 menit, angkat kantong teh.
  2. Tambahkan beberapa sendok konsentrat delima, lalu aduk rata.
  3. Tambahkan 1 sendok madu untuk menambah rasa manis, aduk kembali.
  4. Tambahkan biji chia, teh siap untuk dihidangkan.

3. Jus Semangka

Jus semangka juga dapat menjadi salah satu minuman penambah stamina pria, terutama stamina seksual.

Semangka kaya akan kandungan L-citrulline, yang merupakan asam amino yang berpotensi memperkuat ereksi. Hal ini disebabkan karena asam amino ini dapat meningkatkan aliran darah ke area genital.

Selain banyak terkandung dalam semangka, L-citrulline juga terkandung dalam beberapa makanan seperti bawang merah dan bawang putih, kacang-kacangan, salmon, daging merah, dan dark chocolate.

4. Smoothies Pisang

Minuman penambah stamina tidak selalu dikonsumsi sebelum beraktivitas, tapi dapat juga dikonsumsi setelah beraktivitas untuk mengembalikan stamina.

Salah satu minuman yang bisa Anda konsumsi setelah beraktivitas atau melakukan workout adalah smoothies pisang. Pisang mengandung kalium dan magnesium yang bisa menggantikan elektrolit dan meningkatkan fungsi otot.

Minuman ini juga terbuat dari susu dan yogurt yang dapat menjadi sumber protein dan karbohidrat. Keduanya merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tubuh.

Cara membuat smoothies pisang untuk menambah stamina:

Bahan

  • Pisang
  • Yogurt rendah lemak
  • Susu rendah lemak
  • Ekstrak vanilla
  • Es batu secukupnya

Cara membuat

  1. Campurkan semua bahan dan hancurkan menggunakan blender.
  2. Smoothies siap untuk disajikan. Nikmati selagi dingin.

Baca Juga: 16 Makanan Penambah Stamina Tubuh (Kuat di Atas Ranjang)

5. Jus Alpukat

Minuman penambah stamina selanjutnya adalah jus alpukat.

Seperti yang kita ketahui, alpukat merupakan sumber lemak baik yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Alpukat juga diklaim sebagai salah satu buah terbaik untuk meningkatkan performa seksual.

Dalam hal meningkatkan stamina seksual, alpukat baik untuk wanita maupun pria. Alpukat kaya akan vitamin B kompleks yang mengatur kadar hormon seks, sehingga membantu meningkatkan libido dan performa Anda.

Alpukat juga tinggi kandungan asam folat yang dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan sel. Fungsi ini kemudian membantu dalam melawan kelelahan dan meningkatkan stamina tubuh.

6. Jus Buah Bit

Buah bit mengandung nitrat yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otot menggunakan oksigen.

Hal ini membuat beet dipercaya sebagai salah satu buah yang dapat meningkatkan stamina. Buah bit bahkan disebut-sebut dapat membantu meringankan dan juga mencegah disfungsi ereksi pada pria.

Selain buah bit, beberapa buah dan sayur yang tinggi kandungan nitrat adalah seperti terong, wortel, dan juga seledri.

7. Air Kelapa

Minuman menyegarkan yang dapat meningkatkan energi dan stamina selanjutnya adalah air kelapa muda.

Sama seperti smoothies pisang, air kelapa juga cocok dijadikan sebagai minuman post-workout karena minuman ini dapat menggantikan elektrolit yang hilang.

Air kelapa muda memiliki kandungan mineral yang tinggi, terutama kalium. Jenis air kepala yang baik tentunya air kelapa alami yang berasal dari kelapa muda. Air kelapa dalam bentuk kemasan umumnya memiliki kandungan gula tambahan.

Itu dia berbagai pilihan minuman penambah stamina tubuh yang dapat meningkatkan stamina dan energi Anda di mana pun dan kapan pun. Selain baik untuk kesehatan, minuman-minuman tersebut juga mudah dibuat dan mudah didapatkan.

Pilihan ini tentunya jauh lebih baik dibandingkan dengan konsumsi minuman penambah stamina instan yang kemungkinan menimbulkan efek samping jangka panjang.

Minuman di atas relatif aman untuk dikonsumsi setiap hari dengan jumlah yang wajar. Apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sebelumnya untuk memastikan bahwa minuman tersebut aman untuk Anda.

 

  1. Ghosho, Neha. 2017. 15 Best Drinks To Increase Your Sexual Stamina. https://www.boldsky.com/health/wellness/2017/15-best-drinks-for-sexual-stamina-119178.html. (Diakses 10 April 2020).
  2. Johnson, Jon. 2018. Can beet juice help treat erectile dysfunction?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320675. (Diakses 10 April 2020).
  3. Lawrence, Ali. 8 Healthy Energy Drinks That Can Give You A Boost Without Caffeine. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/8-healthy-energy-drinks-that-can-give-you-boost-without-caffeine.html. (Diakses 10 April 2020).
  4. Scaccia, Annamarya. 2018. How to Increase Sexual Stamina: 45 Tips to Improve Strength, Endurance, and Technique. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/how-to-increase-sex-stamina. (Diakses 10 April 2020).
  5. Walton, Ashley. Homemade Drinks for a Natural Energy Boost. https://www.livestrong.com/article/487216-homemade-natural-drinks-for-natural-energy-boost/. (Diakses 10 April 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi