Awas, 5 Minuman Ini Bisa Menyebabkan Asam Urat Tinggi

minuman-penyebab-asam-urat-doktersehat

DokterSehat.Com – Pada umumnya, terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu serangan asam urat. Mengurangi berat badan adalah langkah utama yang bisa dilakukan untuk penanganan asam urat. Selain berat badan, tahukah Anda terdapat minuman penyebab asam urat?

Mengenali Minuman Penyebab Asam Urat

Sebelum menjelaskan mengenai minuman pemicu asam urat, penyakit ini sering dianggap sebagai kondisi kesehatan yang wajar terjadi pada lansia. Penyakit asam urat ini bisa membuat penderitanya mengalami gejala seperti sensasi nyeri, pembengkakan, dan sensasi kaku pada persendian. Mengingat serangan ini sering kali muncul di malam hari, penderita asam urat bisa mengalami gangguan tidur yang cukup parah.

Penyebab asam urat yang paling umum berasal dari makanan atau minuman. Sebab banyak makanan atau minuman yang mengandung purin tinggi sehingga produksi uric acid akan jadi lebih banyak untuk menyimbangkan kedua zat tersebut.

Sebagai contoh, jeroan seperti hati dan usus yang memiliki rasa yang nikmat ternyata tinggi kandungan purin. Selain itu, makanan laut, emping dan beberapa jenis sayuran tertentu ternyata juga tinggi kandungan purin.

Jika Anda mengonsumsi purin dengan berlebihan, maka tubuh akan memetabolismenya menjadi kristal asam urat. Penumpukan kristal asam urat pada persendian inilah yang membuat peradangan di persendian dengan gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya.

Selain makanan, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis minuman yang bisa menyebabkan penyakit ini. Berikut adalah beberapa minuman penyebab asam urat, di antaranya:

1. Bir dan minuman beralkohol lainnya

Minuman penyebab asam urat yang pertama adalah bir. Bir yang sering dianggap sebagai minuman yang bisa menghangatkan tubuh saat suhu udara cukup dingin ternyata memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Menurut sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa sering mengonsumsinya akan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit asam urat.

Selain itu, bir akan membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh. Bir juga dapat meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan asam urat berulang.

Selain bir, beberapa jenis minuman beralkohol lainnya juga bisa menyebabkan datangnya penyakit asam urat, apalagi jika Anda juga memiliki riwayat keluarga dengan kondisi ini.

Perlu diketahui, ginjal yang terpapar oleh alkohol dalam jumlah yang berlebihan akhirnya akan memproduksi asam urat dengan lebih banyak sehingga kristalnya pun akan semakin menumpuk di persendian.

Hal inilah yang akhirnya bisa menyebabkan serangan asam urat. Bahkan, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

2. Minuman berkafein

Rutin minum kopi atau teh yang memiliki kandungan kafein tidak selalu menimbulkan penyakit asam urat, jika Anda mengonsumsinya tidak berlebihan. Kafein adalah minuman penyebab asam urat apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk tidak berlebihan mengonsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi. Jika perlu, mereka bisa berkonsultasi ke dokter untuk memastikan seberapa banyak porsi minuman berkafein yang aman bagi kondisi kesehatannya.

3. Minuman berenergi

Mereka yang sering mengonsumsi minuman berenergi berharap mendapatkan dorongan energi ketika menjalankan suatu aktivitas tertentu. Sayangnya, minuman berenergi dikenal luas memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Padahal, mengonsumsi gula dengan berlebihan juga bisa memicu datangnya penyakit asam urat.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, minuman manis adalah minuman penyebab asam urat. Sayangnya, dibalik rasa yang enak minuman ini dapat dengan mudah membuat Anda ketagihan.

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi segelas minuman manis saja setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan risiko serangan asam urat.

4. Minuman bersoda

Minuman penyebab asam urat berikutnya adalah minuman bersoda. Sejumlah minuman bersoda yang beredar di pasaran memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Banyak penelitian menemukan bahwa risiko penyakit asam urat akan meningkat dari minuman-minuman bergula.

Bahkan, penelitian lain mengungkapkan bahwa hanya dengan meminum satu kaleng minuman bersoda per hari, dapat meningkatkan risiko dua kali lipat mengalami penyakit asam urat dibandingkan dengan mereka beryang hanya meminum satu kaleng per bulan.

Minuman bersoda cenderung mengandung gula tambahan yang bisa memicu produksi asam urat lebih banyak. Jika hal ini terus terjadi, asam urat bisa mengkristal dan menimbulkan peradangan sendi.

5. Jus Jeruk

Minuman penyebab asam urat yang terakhir adalah jus jeruk. Meski terdengar aneh, faktanya jus jeruk dapat memicu Anda terkena asam urat. Sebuah penelitian mengungkapkan, fruktosa tinggi dalam jus jeruk dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih tinggi. Terlalu sering mengonsumsi jus jeruk sama berisikonya dengan konsumsi minum-minuman instan manis lainnya.

Nah, itulah beberapa minuman penyebab asam urat yang harus Anda tahu. Selain mengetahui minuman pemicu asam urat, perlu diketahui juga bahwa saat tubuh mengalami dehidrasi, fungsi ginjal untuk membuang kelebihan asam urat menjadi menurun. Oleh karena itu, jaga terus asupan cairan tubuh agar Anda tidak mendapat serangan rematik asam urat.

Pengobatan Asam Urat

Jika Anda sudah menjauhi beberapa minuman pemicu asam urat seperti di atas, namun gangguan asam urat masih juga terjadi, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan bantuan obat.

Dua jenis obat yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk menangani penyakit asam urat adalah obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dan colchicine. Sementara, mereka yang tidak bisa mengonsumsi kedua obat tersebut, dokter akan meresepkan kortikosteoid.

Sedangkan pada pasien yang mengalami nyeri hebat asam urat atau penyakit ini menyerang beberapa kali dalam setahun, dokter akan meresepkan obat lain untuk mencegah komplikasi.

Jenis obat yang digunakan adalah allopurinol. Obat ini bekerja dengan menghambat produksi asam urat di tubuh. Obat lain yang juga dapat diberikan adalah obat untuk meningkatkan pembuangan asam urat berlebih dari tubuh seperti probenecid.