5 Minuman Pelancar Haid yang Alami dan Bermanfaat

pelancar-haid-doktersehat

DokterSehat.Com – Wanita akan mengalami siklus menstruasi berulang-ulang setiap periodenya. Ada yang mengalaminya setiap sebulan sekali dan ada yang kurang atau lebih dari waktu itu. Durasi waktu menstruasi atau haidnya juga beragam. Beberapa wanita mengalaminya selama 7 hari penuh dan ada yang 3-4 hari saja.

Apa pun jenis siklusnya baik panjang atau pendek, asal setiap bulan datang dengan waktu yang sama, haid tetap dianggap lancar. Namun, kalau ada kemajuan, kemunduran, atau malah berhenti selama beberapa bulan, gangguan haid sedang terjadi. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh sakit, PCOS, kecapaian, dan penyebab lain yang lebih kompleks.

Kalau Anda merasa sering mengalami gangguan haid setiap siklusnya, coba konsumsi minuman di bawah ini. Dengan mengonsumsinya Anda akan mendapatkan haid yang lebih lancar setiap bulannya.

  1. Kunyit

Salah satu penyebab gangguan menstruasi yang sering dialami oleh wanita adalah tidak seimbangnya hormon. Karena tidak bisa mengontrol hormon yang ada di tubuhnya, wanita mengalami kemandekan haid atau keterlambatan dengan waktu yang cukup lama. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa membahayakan kesehatan.

Beberapa hari menjelang menstruasi, coba minum kunyit dalam bentuk jamu sederhana seperti dicampur madu atau dicampur dengan rempah lainnya. Jangan campur kunyit dengan banyak gula agar manfaatnya lebih terasa. Minum sehari dua kali saat masih hangat dan nikmati manfaatnya dalam melancarkan haid.

  1. Jahe

Jahe tidak hanya bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri di otot, tapi juga bisa melancarkan haid yang terlambat dan tidak normal. Jahe akan memicu kerja hormon kembali seperti sedia kala sehingga keterlambatan akan segera usai. Anda akan memulai lagi siklus menstruasi dari awal dan akan lancar di siklus berikutnya.

Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman dan diolah ketika segar. Selain itu jahe juga bisa dibuat menjadi bubuk agar bisa dikonsumsi sewaktu-waktu. Oh ya, karena jahe memiliki sifat menghangatkan, jangan mengonsumsi terlalu banyak karena kadang bisa membuat perut jadi panas.

  1. Kayu manis

Kayu manis bisa direbus dengan air selama beberapa menit. Air rebusan bisa segera diminum sebanyak 2-3 kali sehari menjelang menstruasi atau saat menstruasi sedang telat. Kayu manis akan melancarkan siklus bulanan agar selalu tepat waktu dan kram yang muncul saat PMS tidak muncul.

Di dalam kayu manis juga terdapat zat bernama hydroxychalcone. Zat ini bermanfaat untuk mengatur insulin di dalam tubuh sehingga haid bisa teratur.

  1. Adas

Ada mulai dari biji dan batangnya bisa juga melancarkan haid dan mengurangi rasa nyeri saat PMS. Anda bisa menggunakan adas baik biji atau batang untuk makanan atau dibuat menjadi teh herba yang bermanfaat untuk tubuh.

Penelitian tentang ada pada menstruasi ini dilakukan pada tahun 2012 silam. Hasil penelitian ini menunjukkan kalau wanita bisa memiliki menstruasi yang lebih lancar dan semua rasa sakit yang muncul bisa diturunkan.

  1. Biji wijen

Biji wijen yang selama ini lebih banyak digunakan untuk masakan ternyata bermanfaat untuk melancarkan haid. Wanita bisa memakannya secara langsung atau dibuat bubuk terlebih dahulu lalu dicampur air. Sebelum menyantapnya, biji wijen harus disangrai terlebih dahulu agar rasanya lebih gurih dan nikmat.

Biji wijen yang dikonsumsi secara rutin akan memberikan zat bernama lignan. Zat ini bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh dan memicu hormon seperti estrogen dan progesteron menjalankan fungsinya dengan baik.

Inilah beberapa minuman yang bisa digunakan untuk melancarkan haid. Semoga bisa menambah referensi.