Minuman yang Harus Dihindari Pria Saat Menyaksikan Piala Dunia

doktersehat piala dunia
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Perhelatan Piala Dunia akhirnya memasuki babak 16 besar setelah berjalan kurang lebih dua minggu. Saat ini tim yang unggul dan memberikan kejutan akan berjuang untuk memperebutkan tiket ke perempat final sebelum akhirnya semifinal dan babak puncak perebutan kejuaraan.

Karena pertandingan semakin seru, pria tidak akan mau ketinggalan untuk menyaksikannya. Para pencinta bola ini rela tidur tengah malam atau begadang hingga pagi untuk menyaksikan pertandingan yang penuh kejutan.

Oh ya, tidak semua pria kuat melek hingga tengah malam. Bahkan ada yang sengaja tidur dulu baru bangun kemudian. Untuk mengatasi rasa kantuk ini beberapa orang memilih mengonsumsi minuman tertentu agar terus terjaga hingga pertandingan usai.

Kalau Anda suka menyaksikan piala dunia, sebisa mungkin hindari minuman-minuman di bawah ini, ya.

  1. Kopi

Kopi memang cukup ampuh memberikan efek melek dan terjaga pada pria. Minum satu gelas kopi murni atau olahan lainnya bisa membuat Anda lebih semangat dan kehilangan rasa kantuk yang cukup mengganggu.

Minum kopi dengan takaran yang pas mungkin boleh saja dilakukan. Namun, kalau diulang setiap hari padalah sudah mendekati jam tidur, Anda akan memiliki cukup banyak gangguan khususnya pada kualitas tidur.

Kandungan kafeina yang besar akan membuat tubuh susah diajak untuk beristirahat. Padahal esok hari Anda harus kembali bekerja seperti biasa dengan jam yang tidak terpotong sama sekali.

Rasa kantuk akan muncul selama bekerja dan sepanjang siang. Anda akan susah berkonsentrasi sehingga pekerjaan yang dilakukan bisa saja berantakan.

  1. Minuman bersoda

Nonton piala dunia memang asyik dengan nyemil makanan ringan dan minum minuman bersoda yang manis. Dua kombinasi ini akan membuat Anda tidak mudah mengantuk dan bisa menyaksikan pertandingan dari awal hingga akhir.

Mengonsumsi minuman bersoda sebenarnya tidak disarankan atau malah dilarang. Pasalnya satu kaleng soda mengandung 10 sendok gula. Kalau Anda minum hingga beberapa kaleng soda, gula darah di dalam tubuh akan naik.

Tubuh yang kelebihan gula darah akan rentan sekali mengalami diabetes. Selain itu pankreas yang dipaksa menghasilkan insulin juga bisa mengalami gangguan, penurunan fungsi kerja, hingga mengalami kanker yang sangat berbahaya dan mematikan.

Terakhir, minuman bersoda juga mengandung kafeina. Mengonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan Anda mudah kencing dan mengalami dehidrasi.

  1. Bir

Bir dengan kadar alkohol berapa pun tetap berbahaya untuk tubuh. Mengonsumsi bir dalam jumlah banyak saat menyaksikan Piala Dunia akan membuat tubuh mengalami gangguan berupa penurunan fungsi kognitif, sering mengalami stres, dan depresi yang terbentuk perlahan-lahan.

Mengonsumsi bir dengan jumlah yang banyak juga memicu munculnya pelemakan pada hati. Kondisi ini bisa membuat kerja hati jadi menurun dan ada kemungkinan terjadi kanker di hati yang berbahaya dan menyebabkan kematian.

  1. Minuman manis dan dingin

Minuman manis lain seperti teh mungkin tidak menggunakan gula yang terlalu banyak. Namun, kalau diulang berkali-kali setiap malam ketika menyaksikan piala dunia bisa membuat tubuh mengalami gangguan seperti timbunan lemak yang terlalu banyak dan masalah kardiovaskular lainnya.

Selain minuman yang manis, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi minum yang terlalu dingin di malam hari. Kondisi cuaca yang terus menurun bisa menyebabkan tubuh mudah sekali mengalami kembung hingga masuk angina yang membuat Anda susah tidur dan sakit esok harinya.

Anda tidak masalah mau menyaksikan pertandingan piala dunia dari awal hingga akhir. Tapi, perhatikan apa yang dimakan dan diminum ya. Dengan begitu Anda bisa lebih sehat dan hiburan tetap berjalan lancar.