Tak Ingin Pikun, Pria Harus Rajin Minum Ini

fungsi-otak-doktersehat

DokterSehat.Com– Kini, ada cara enak dan mudah untuk mencegah masalah pikun, khususnya pada kaum pria. Menurut sebuah penelitian, jika kaum pria rutin minum jus jeruk dan rajin makan sayuran setiap hari, maka risiko untuk terkena gangguan memori ini akan menurun dengan signifikan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Daily Mail, sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Neurology menghasilkan fakta bahwa konsumsi makanan tertentu bisa berpengaruh besar pada daya ingat. Fakta ini terungkap setelah melakukan penelitian selama 20 tahun dan melibatkan lebih dari 27.800 pria dengan usia rata-rata 51 tahun.

Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa konsumsi makanan seperti sayuran hijau, sayuran merah, buah berry, dan sayuran merah mampu menurunkan risiko terkena pikun dengan signifikan. Peneliti utama Changzheng Yuan yang berasal dari Harvard University menyebutkan bahwa mengonsumsi satu porsi buah yang ukurannya sekitar secangkir buah yang dipotong atau sekitar setengah jus buah, ditambah dengan satu cangkir sayuran merah dan dua cangkir sayuran hijau bisa memberikan manfaat ini.

“Penelitian yang kami lakukan selama 20 tahun membuktikan bahwa pilihan diet yang tepat bisa membuat kesehatan otak terjaga,” ungkap Yuan.

Para partisipan yang menerapkan pola makan yang telah ditentukan kemudian diminta untuk melakukan tes untuk menguji daya ingat dan kemampuan berpikir saat usianya 73 tahun. Hasilnya adalah, lebih dari separuh partisipan, tepatnya 55 persen dari mereka masih memiliki daya ingat dan kemampuan berpikir yang baik, 38 persen memiliki hasil yang sedang, dan sisanya, yakni 7 persen memiliki hasil tes yang buruk.

Setelah dicek kebiasaan makannya setiap hari, dihasilkan fakta bahwa konsumsi sayuran dan buah terkait erat dengan hasil tes tersebut. Mereka yang rutin mengonsumsi enam porsi sayuran setiap hari memiliki hasil tes lebih baik dibandingkan dengan yang hanya mengonsumsi dua porsi sayuran saja. Selain itu, partisipan yang makan buah tiga porsi setiap hari juga memiliki hasil tes lebih baik dibandingkan dengan yang makan buah dengan porsi yang sedikit.

Menariknya adalah partisipan yang mengonsumsi jus jeruk setiap hari ternyata memiliki daya ingat 47 persen lebih baik dibandingkan dengan mereka yang malas untuk mengonsumsinya.