5 Minuman Pelancar Menstruasi yang Wajib Dikonsumsi Wanita

doktersehat minuman untuk menstruasi
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Siklus menstruasi pada wanita berbeda-beda. Ada yang memiliki siklus 28 hari dan ada juga yang sampai 35 hari. Kalau setiap bulan siklus yang didapatkan tetap sama, artinya Anda tidak mengalami gangguan. Namun, kalau ada perubahan seperti datang terlalu cepat atau terlambat, gangguan dengan terjadi.

Siklus menstruasi yang tidak lancar dan sering berubah-ubah ternyata memiliki beberapa kekurangan. Wanita akan susah menentukan waktu suburnya. Selain itu, ada kemungkinan wanita merasakan sakit yang cukup besar saat PMS.

Nah, agar siklus menstruasi tetap lancar dan tidak menimbulkan gangguan yang cukup besar, coba konsumsi beberapa minuman di bawah.

  1. Wijen

Secara umum menstruasi yang terjadi pada wanita dipengaruhi oleh estrogen dalam jumlah yang besar. Kalau hormon ini mengalami penurunan yang cukup signifikan, peluruhan endometrium tidak akan terjadi sehingga menstruasi akan susah terjadi dan wanita juga alami kekeringan pada vagina.

Salah satu jalan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menaikkan estrogen perlahan-lahan. Anda bisa menggunakan wijen untuk memicu kenaikan. Biji-bijian ini bisa langsung dimakan setelah disangrai atau ditumbuh agar menjadi serbuk untuk dicampur dengan minuman hangat.

  1. Jus buah

Hampir semua jus buah bermanfaat untuk memperlancar menstruasi dan mengatasi PMS. Namun, Anda disarankan untuk menggunakan nanas dan wortel untuk bahan utama jus. Perpaduan dua hal ini bisa menurunkan rasa nyeri pada perut yang sedang kram karena mengandung banyak bromelain.

Oh ya, karena jus ini digunakan untuk memperlancar haid, Anda disarankan untuk tidak menggunakan pemanis terlalu banyak. Pasalnya nanas dan wortel sendiri sudah memiliki cita rasa manis alami. Selain itu, rasa manis berlebihan juga berpotensi meningkatkan kadar gula di dalam darah dan itu sangat berbahaya.

  1. Jahe

Jahe adalah salah satu herbal yang cukup digemari masyarakat untuk mengatasi masalah tubuh. Mengonsumsi jahe sebagai minuman atau mengolahnya menjadi bumbu masakan bisa meningkatkan peredaran darah di dalam tubuh yang terganggu. Dengan peningkatan ini, peluang terjadi nyeri atau kram yang muncul di dalam tubuh tidak akan terjadi. Saat PMS wanita juga jarang rasakan sakit berlebih.

Selain baik untuk peredaran darah, jahe juga bermanfaat untuk memperlancar haid. Mengonsumsi jahe secara rutin  sebagai tambahan teh bisa menghindari terhambatnya menstruasi sehingga setiap bulannya siklus tidak pernah berubah. Kalau pun ada maju dan mundur hanya 1-2 hari saja.

  1. Kayu manis

Kayu manis memiliki beberapa hal yang membuatnya sangat direkomendasikan untuk wanita. Pertama adalah kemampuannya untuk mengatasi nyeri secara alami. Saat PMS wanita tidak akan mengalami kondisi nyeri berlebih sehingga aktivitas hariannya tidak terganggu.

Mengonsumsi kayu manis sebagai rebusan atau mencampur bubuknya dengan susu akan memperlancar menstruasi yang tertunda. Kayu manis juga bisa diolah menjadi campuran kue atau masakan untuk sedikit variasi kalau Anda bosan mengonsumsinya secara langsung.

  1. Kunyit

Kunyit sudah dikenal luas oleh masyarakat sebagai salah satu agen anti inflamasi atau peradangan. Mengonsumsi kunyit sebagai bumbu masakan atau dijadikan jamur kunyit asam akan membuat wanita lebih nyaman saat menstruasi. Rasa nyeri yang dirasakan akan perlahan hilang.

Kunyit juga memperlancar menstruasi yang sering macet di tengah jalan dan menyebabkan rasa sakit pada wanita. Pengonsumsian kunyit bisa menyebabkan wanita selesai haid di saat yang tepat dan memulai masa suburnya dengan lancar.

Inilah lima jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk memperlancar haid pada wanita. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang sering alam gangguan menstruasi setiap bulannya.