Ibu Hamil Sebaiknya Hindari 5 Jenis Minuman Kemasan Ini!

Doktersehat - Minuman Soda
Photo Credit: Flickr.com/»Harpreet

DokterSehat.Com– Minuman kemasan apa yang sering ibu konsumsi saat hamil? Ya, tak dapat dipungkiri kini kemudahan akses dalam memperoleh makanan dan minuman, membuat minuman dan makanan kemasan menjadi pilihan yang praktis dan cepat.

Tidak heran, sebagian besar orang, termasuk ibu hamil, memilih minuman kemasan, sebagai minumannya.

Sayangnya, meskipun mudah perolehannya, tidak semua minuman kemasan baik untuk dikonsumsi ibu hamil, lho.

panduan-kehamilan-doktersehatMinuman kemasan, meskipun nikmat, memiliki banyak zat dan bahan olahan atau buatan yang baiknya cenderung dikurangi konsumsinya oleh ibu hamil. Salah satunya adalah kandungan gula yang tinggi.

Bahaya kandungan gula yang tinggi pada minuman kemasan

Ya, salah satu zat yang ada pada minuman kemasan yang harus diwaspadai oleh ibu hamil adalah kandungan gula yang tinggi.

Gula yang ada pada minuman kemasan, sebagian besar adalah gula buatan yang ditambahkan dalam produk dalam porsi yang cukup besar.

tes-kadar-gula-darah-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

Selain itu, jenis gula yang ada pada minuman kemasan juga merupakan gula dengan kandungan pemanis tinggi.

Hal ini membuat asupan minuman kemasan, dengan kandungan gula tinggi, dapat menyebabkan beberapa kondisi, diantaranya:

    • Kadar gula dalam tubuh tidak terkontrol
      Asupan gula yang tinggi pada minuman kemasan membuat gula dalam tubuh menjadi cepat naik dan cenderung cepat turun pula.doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1cHal ini akan berbahaya karena jika dikonsumsi berlebihan, secara rutin dan dalam jangka waktu cukup panjang, maka kadar gula dalam tubuh cenderung tidak stabil dan kurang terkontrol.
    • Ibu hamil craving makanan manis
      Kadar gula darah dalam tubuh yang tidak stabil akan berisiko membuat ibu jadi sering craving makanan dan minuman manis kemasan, mengingat kadar gula darah ibu cepat naik dan cepat pula turunnya.Hal ini tentu akan meningkatkan risiko asupan makanan manis yang semakin berlebihan, bukan?
  • Meningkatkan risiko diabetes saat kehamilan
    Kadar gula darah yang kurang terkontrol tersebut menyebabkan ibu jadi rentan mengalami diabetes saat kehamilan.Asupan gula berlebihan dalam jangka waktu yang cukup lama dan sering, membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi tinggi dan mengganggu produksi insulin tubuh sehingga membuat risiko terjadinya diabetes saat kehamilan meningkat.

Lantas, minuman kemasan apa saja yang sebaiknya dibatasi konsumsiya oleh ibu hamil?

Beberapa jenis minuman kemasan dengan kandungan gula tinggi yang sebaiknya dibatasi oleh ibu hamil, dilansir dari Livelighter, adalah:

1. Minuman bersoda rasa buah

Minuman bersoda rasa buah memiliki kandungan gula paling tinggi diantara minuman kemasan lainnya, yaitu setara dengan 17 sendok teh dalam satu botol saji.Minuman-soda-efek-wanita

Hal ini disebabkan penggunaan gula pada minuman bersoda sendiri, serta penambahan penggunaan gula dari rasa buah.

2. Minuman bersoda

Gula buatan yang ada pada minuman bersoda adalah jenis dengan kandungan gula yang tinggi. Dalam satu botol minuman bersoda terdapat 16 sendok teh gula.doktersehat-minuman-soda

Minuman bersoda juga memiliki kandungan gas yang bisa membuat perut ibu hamil merasa tidak nyaman.

3. Sport drink atau minuman olahraga

Jika ibu hamil sering mengonsumsi minuman olahraga, maka saat hamil sebaiknya ibu mulai membatasinya karena dalam satu botol minuman olahraga terdapat 11 sendok teh gula.

4. Minuman kemasan rasa buah

doktersehat-minuman-buah-pemanis-buatan-juiceMinuman kemasan rasa buah cukup banyak di produksi. Meskipun enak dan terdapat dalam jumlah yang cukup banyak, minuman kemasan rasa buah memiliki kandungan gula yang tinggi, yaitu 13 sendok teh gula dalam satu botolnya.

5. Minuman berenergi

Ibu hamil sebaiknya juga mengurangi konsumsi minuman berenergi karena kandungan gula yang tinggi yaitu 10 sendok teh dalam satu kalengnya.

doktersehat-minuman-soda-kalengMinuman berenergi juga mengandung kafein yang cukup tinggi sehingga dapat mengganggu pola tidur ibu hamil.