Minuman Ini Berbahaya Bagi Tulang

kanker-tulang-doktersehat

DokterSehat.Com– Apa yang kita makan dan minum bisa memberikan pengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh, termasuk kondisi tulang kita. Sebagai contoh, banyak orang yang tidak menyadari betapa berbahaya minuman beralkohol bagi kesehatan tulang.

Dilansir dari Shape, sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of Studies on Alcohol and Drugs mengungkap fakta bahwa kaum hawa berusia muda yang sering mengonsumsi minuman beralkohol memiliki risiko lebih besar terkena gangguan kesehatan tulang di masa depan. Fakta ini terungkap setelah 80 mahasiswi diminta untuk mengisi survey tentang kebiasaan konsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Para mahasiswi ini juga dipindai tulangnya.

Setelah mengumpulkan semua data, dihasilkan fakta bahwa para peminum berat atau yang mengonsumsi empat atau lebih porsi minuman beralkohol dalam dua jam cenderung memiliki massa tulang belakang lebih rendah sehingga lebih rentan terkena nyeri pinggang bagian bawah.

Saat usia seseorang mencapai 20 hingga 25 tahun, massa tulang berkembang dan mempengaruhi kondisinya hingga di usia tua. Sayangnya, jika di usia ini wanita mengonsumsi minuman beralkohol secara rutin, maka massa tulang tidak akan mencapai puncak dan akhirnya meningkatkan risiko terkena osteoporosis yang tentu bisa memicu patah tulang di masa depan.

Melihat adanya fakta ini, kita memang sebaiknya menghindari minuman beralkohol karena bisa memberikan dampak yang sangat tidak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan tulang. Rajin-rajinlah mengonsumsi susu dan produk turunannya seperti yoghurt dan keju demi menjaga tercukupinya asupan kalsium harian yang mendukung kekuatan tulang.