Terbit: 1 Juni 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes tak hanya harus menghindari beberapa jenis makanan demi mencegah lonjakan kadar gula darah. Mereka juga harus cermat dalam memilih beberapa jenis minuman. Hal ini disebabkan oleh ada banyak sekali minuman yang sayangnya sering kita konsumsi yang bisa memicu peningkatan kadar gula darah dengan cepat.

8 Minuman yang Aman bagi Penderita Diabetes

Beberapa jenis minuman yang aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes

Dengan memilih minuman yang tepat, penderita diabetes tidak akan mengalami lonjakan kadar gula darah sehingga tentu akan menurunkan risiko terkena komplikasi. Bahkan, hal ini bisa saja membantu mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik.

Berikut adalah beberapa minuman yang sangat direkomendasikan bagi mereka.

  1. Kopi

Salah satu minuman yang paling digemari banyak orang di seluruh dunia ini ternyata sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kandungan di dalam kopi yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2006 silam menghasilkan fakta bahwa rutin minum kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 pada wanita berusia remaja serta dewasa. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam klorogenat yang bisa mencegah penyerapan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu, asalkan kopi tidak diberi tambahan gula atau krimer, minuman ini sebenarnya rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Susu

Susu adalah salah satu minuman yang baik bagi siapa saja, termasuk bagi penderita diabetes. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa rutin mengonsumsi susu rendah lemak bisa membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darah dan tekanan darah.

Selain itu, rutin minum susu juga bisa membantu penderita penyakit ini menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini tentu akan berpengaruh besar pada menurunnya risiko terkena komplikasi berbahaya.

  1. Teh hijau

Minuman yang sering dianggap cocok untuk mereka yang sedang menjalani program diet ini ternyata juga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya. Kandungan inilah yang disinyalir bisa membantu mencegah peradangan dan risiko terkena komplikasi.

  1. Jus pare

Pare dianggap sebagai bahan makanan yang cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain rasanya yang cenderung pahit, jus pare memiliki kandungan yang bisa membantu tubuh mencegah penyerapan glukosa terlalu cepat. Dengan mengonsumsi jus pare, penderita diabetes, baik itu diabetes tipe 1 ataupun diabetes tipe 2 bisa membantu menurunkan risiko terkena komplikasi.

  1. Jus mentimun

Sebagaimana jus pare, jus mentimun ternyata juga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hanya saja, kebanyakan orang berpikir jika minuman ini hanya bisa memberikan manfaat berupa menurunkan tekanan darah. Padahal, dalam realitanya jus mentimun bisa membantu mencegah terjadinya peradangan sehingga mampu menurunkan risiko terkena komplikasi pada penderita diabetes.

  1. Teh chamomile

Selain teh hijau, teh chamomile juga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan di dalamnya yang sangt tinggi namun rendah kalori. Rutin mengonsumsinya bisa mengendalikan kadar gula darah penderita diabetes sekaligus mencegah komplikasi seperti masalah ginjal, gangguan saraf, dan kebutaan.

  1. Air kelapa

Salah satu minuman yang bisa menyegarkan tubuh ini ternyata tinggi kandungan asam amino yang baik bagi kesehatan tubuh penderita diabetes. Kandungan mineral di dalam air kelapa yang tinggi juga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik.

  1. Jus apel hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika apel adalah salah satu buah yang paling cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Rutin mengonsumsi jus apel hijau juga terbukti efektif mencegah datangnya komplikasi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi