Mudah Dibuat, 4 Pilihan Minuman Pagi Hari untuk Ibu Hamil

Minuman-pagi-hari-ibu-hamil-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Minuman apa yang biasanya ibu konsumsi di pagi hari saat hamil?

Mengonsumsi minuman tertentu pada pagi hari memang menjadi kebiasaan, bahkan seakan menjadi suatu keharusan untuk banyak orang, tak terkecuali ibu hamil.

Jika pada kondisi biasa ibu asal memilih minuman, maka saat hamil, ibu sebaiknya memilih dengan cermat minuman apa yang baik untuk kesehatan kehamilannya.

Ya, minuman yang dikonsumsi pada pagi hari tidak hanya mampunyai efek menenangkan dan memberi semangat untuk memulai hari, namun juga bisa sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Jika pemilihan minuman pada pada pagi hari tepat, maka hal ini bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi harian ibu, menekan rasa mual dan muntah yang kerap terjadi pada trimester pertama, serta mendukung kondisi tubuh ibu yang lebih baik karena tubuh terhidrasi dengan optimal di awal hari.

Lantas, minuman apa saja yang baik dikonsumsi ibu hamil saat pag hari?

Minuman yang baik dikonsumsi ibu hamil saat pagi hari sebaiknya adalah minuman yang memiliki beberapa syarat di bawah ini, yaitu:

  • Kandungan cairannya mampu menghidrasi dengan baik
  • Tidak mengganggu pencernaan, tidak bersifat asam atau mengandung kafein yang tinggi
  • Mengandung kalori cukup yang padat gizi, dan
  • Tidak membuat mual muntah atau membuat ibu merasa terlalu kenyang

Keempat hal tersebut biasanya akan mudah kita peroleh dari minuman yang bisa kita buat sendiri atau minuman alami, atau bukan merupakan minuman kemasan.

Beberapa contoh minuman yang tepat dipilih ibu saat hamil, adalah:

1. Air kelapa

Air kelapa bisa dibilang pilihan super tepat karena bisa memenuhi hampir seluruh syarat minuman yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

doktersehat-gizi-kelapa-tua-muda
Photo Credit: Flickr.com/John Revo Puno

Kandungan cairan pada kelapa mengandung elektrolit yang lengkap, tidak bersifat asam atau berkafein, memiliki kandugan vitamin dan mineral dalam cairan alaminya serta tidak membuat ibu merasa kenyang karena kalorinya tidak terlalu tinggi.

Agar manfaat tersebut dapat terasa maksimal, ibu sebaiknya tidak menambahkan banyak gula saat mengonsumsi air kelapa. Mengonsumsi air kelapa alami saja, tentu sudah nikmat dan segar, bukan? Jangan lupa, ibu sebaiknya mengonsumsi air kelapa dalam suhu normal saat pagi hari, ya.

2. Air jahe dengan madu

Mengonsumsi air jahe hangat di pagi hari, tentu super nikmat. Ibu hamil bisa mendapatkan asupan cairan yang cukup, efek hangat pada pencernaan, serta kandungan antioksidan yang ada pada air jahe. Jika ingin menambahkan kalori, ibu hamil bisa memberikan tambahan 1-3 sendok teh madu.

doktersehat-khasiat-jahe-untuk-rambut
Photo Credit: Pexels.com

Mengonsumsi air jahe juga akan memberikan manfaat berupa mencegah munculnya rasa mual dan muntah. Ibu bisa memilih berbagai jenis jahe, baik jahe segar, irisan jahe, atau jahe bubuk untuk pilihan minuman pada pagi hari.

3. Teh rempah dengan bubuk kayu manis

Dibandingkan dengan teh biasa, teh rempah, misalnya dari bumbu atau bunga kering, contohnya teh bunga chamomile, kandungan kafeinnya jauh lebih rendah. Hal ini membuat teh rempah lebih dianjurkan untuk dikonsumsi pada pagi hari.

doktersehat-manfaat-teh-bunga
Photo Credit: Pexels.com/
rawpixel.com

Kandungan antioksidannya cukup baik dan mampu menghidrasi tubuh ibu. Jika ingin menambahkan rasa manis, bubuk kayu manis bisa jadi pilihan. Agar lebih berkalori, mengonsumsi teh dengan camilan sehat, misalnya biskuit dengan selai kacang bisa ibu lakukan.

4. Jus buah yang rasanya manis

Seperti pada umumnya, jus buah merupakan pilihan yang super sehat untuk mengawali hari. Selain padat gizi, jus buah memiliki kandungan cairan yang baik untuk tubuh ibu.

doktersehat jus buah
photo credit: Pexels

Agar tak mengganggu kesehatan, pastikan ibu memilih buah yang jenis rasanya manis dan sudah matang, misalnya pisang. Hal ini akan mencegah terjadi gangguan pencernaan pada pagi hari.