15 Pilihan Minuman Buka Puasa Paling Praktis

minuman-buka-puasa-doktersehat

DokterSehat.Com – Waktu berbuka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Setelah seharian menahan lapar dan haus, hal pertama yang paling dicari tentu saja adalah minuman buka puasa. Bingung memilih menu minuman buka puasa yang praktis untuk hari ini? Yuk, simak beberapa rekomendasi berikut ini!

Pilihan Minuman Buka Puasa

Ada banyak sekali resep minuman buka puasa. Pilihan minuman yang manis dan menyegarkan umumnya adalah yang paling menggoda untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Tidak perlu bingung dan bosan memilih minuman buka puasa karena 15 jenis minuman buka puasa berikut ini wajib Anda coba!

1. Jus buah

Minuman segar untuk buka puasa yang petama adalah jus buah.

Ya, jus buah tidak hanya simpel, tapi tentunya juga sangat baik untuk kesehatan. Pilihlah jenis buah yang mengandung kadar air tinggi dan juga mudah dicerna oleh tubuh. Beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah seperti semangka, anggur, apel, melon, dan pir.

Selain jus buah, Anda juga direkomendasikan untuk mengonsumsi buah secara langsung. Hindari membuat jus buah dari buah yang asam seperti jeruk dan sejenisnya untuk berbuka puasa. Buah yang kandungan asamnya terlalu tinggi dapat melukai pencernaan yang telah kosong selama seharian.

2. Sop buah

Selain jus buah, minuman buka puasa yang praktis selanjutnya adalah sop buah.

Umumnya sop buah mengombinasikan berbagai macam buah mulai dari apel, melon, blewah, strawberry, kelapa muda, lengkeng, anggur, dan masih banyak lagi. Buah-buahan ini dikombinasikan dengan kuah yang terdiri dari es batu, susu, dan juga sirup.

Anda bisa membuat sop buah sendiri di rumah dengan mengombinasikan berbagai jenis buah kesukaan Anda. Tetap ingat untuk menghindari buah yang terlalu asam karena tidak baik untuk pencernaan.

3. Es kelapa muda

Pilihan menu minuman buka puasa selanjutnya adalah es kelapa muda.

Pilihlah es kelapa muda yang dibuat dengan campuran air kelapa muda asli. Air kelapa muda mengandung elektrolit alami sehingga sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang tidak diisi seharian.

Selain itu, air kelapa juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya mulai dari membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem metabolisme tubuh, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Es dawet atau cendol

Siapa yang ingin melewatkan kesegaran dari es dawet atau es cendol?

Bahan utama es cendol adalah cendol itu sendiri yang terbuat dari tepung beras. Cendol dipadukan dengan santan, gula merah cair, dan es batu dan menjadi salah satu sajian yang ditunggu saat berbuka puasa.

Konsumsi cendol tidak hanya menyegarkan, tapi juga cukup mengenyangkan dan dapat menekan nafsu makan berlebihan ketika berbuka puasa.

5. Es pisang ijo

Es pisang ijo adalah salah satu minuman khas Indonesia, tepatnya berasal dari Sulawesi Selatan.

Menu yang satu ini juga merupakan salah satu favorit untuk berbuka puasa. Es dengan bahan utama pisang yang dibalut kulit berwarna hijau ini sama seperti cendol yang tidak hanya menyegarkan tapi juga mengenyangkan.

Es pisau ijo juga cukup banyak mengandung karbohidrat yang berasal dari kulit hijau dan bubur pelengkapnya.

6. Es cincau hitam

Ada banyak sekali jenis minuman buka puasa yang bisa Anda kreasikan dengan cincau hitam.

Salah satunya adalah teh susu dengan cincau hitam atau es cincau hitam dengan gula merah dan susu. Cincau hitam sendiri dikenal sebagai bahan minuman yang memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh.

7. Es kacang merah

Pilihan minuman buka puasa selanjutnya adalah es kacang merah yang merupakan salah satu minuman khas dari kota Manado.

Kacang merah memiliki kandungan protein, serat, karbohidrat, asam folat, dan berbagai vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak sulit menemukan es kacang merah selama bulan Ramadan, namun apabila ingin membuat es kacang merah sendiri dirumah, simak resepnya dengan cara klik di sini!

8. Es selasih

Biji selasih memang memiliki ukuran yang kecil, namun manfaatnya sangat banyak untuk tubuh.

Biji ini kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk pencernaan. Biji selasih dapat dicampurkan dengan sirup, agar-agar, nata de coco, atau dengan berbagai jenis buah-buahan untuk mendapatkan es selasih yang menyegarkan.

9. Jus atau smoothies kurma

Kurma adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di bulan Ramadan.

Kandungan yang ada di dalam kurma menjadikan kurma sebagai buah yang ideal untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Bosan dengan cara konsumsi kurma yang biasa saja? Anda bisa mencoba untuk membuat jus atau smoothies kurma dan menjadikannya sebagai salah satu pilihan minuman buka puasa!

10. Kolak

Kolak dapat menjadi pilihan minuman buka puasa yang dapat disajikan hangat maupun dingin.

Isian kolak dapat bermacam-macam mulai dari pisang, ubi, hingga singkong. Bahan-bahan ini kemudian direbus dengan air dan gula merah. Umumnya santan juga ditambahkan ke dalam kolak untuk menambahkan cita rasa gurih di dalamnya.

11. Bubur kacang hijau

Selain kolak, pilihan minuman lain yang dapat dikonsumsi hangat maupun dingin adalah bubur kacang hijau.

Pengolahan bubur kacang hijau juga tidak berbeda jauh dengan kolak, bahan utamanya adalah gula merah yang kemudian dilengkapi dengan kuah santan. Es bubur kacang hijau juga sering kali disajikan bersama dengan bubur ketan hitam.

12. Es lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan atau kecantikan, tapi juga bisa diolah menjadi minuman segar untuk buka puasa.

Es lidah buaya yang diolah dari daging tanaman lidah buaya biasa disajikan bersama dengan biji selasih. Pilihan minuman yang satu ini baik untuk kesehatan pencernaan selama berpuasa berkat kandungan serat yang cukup tinggi dalam lidah buaya.

13. Es blewah

Blewah adalah salah satu buah yang popularitasnya juga meningkatkan selama bulan Ramadan.

Beberapa keistimewaan blewah adalah seperti dapat melancarkan pencernaan, rendah kalori, hingga baik untuk kesehatan kulit. Blewah dapat dijadikan campuran dalam sop buah, tapi tidak kalah segar juga jika hanya dicampurkan dengan sirup dan sedikit perasan lemon saja.

14. Es rumput laut

Pilihan minuman buka puasa yang praktis selanjutnya adalah es rumput laut.

Rumput laut memiliki manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, menyaimbangkan hormon, menjaga kesehatan tulang, dan masih banyak lagi. Resep minuman buka puasa dari rumput laut juga sangat mudah dibuat.

Cukup campurkan rumput laut dengan es batu, sirup, dan susu kental manis. Anda juga bisa mencampurkan bahan lain seperti selasih, kolang-kaling, atau buah-buahan.

15. Air putih

Apapun minuman buka puasa yang Anda pilih, air putih tetap harus menjadi pilihan minuman yang paling utama.

Meskipun mengonsumsi banyak jenis cairan ketika berbuka, pastikan Anda tidak melewatkan konsumsi air putih agar tubuh tetap bekerja dengan baik. Anda diharuskan untuk konsumsi paling tidak 2 gelas air putih saat berbuka dan 4 gelas di malam hari.

Asupan air putih ini tentu dapat meningkatkan menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda.

Nah, itu dia berbagai menu minuman buka puasa yang dapat Anda coba. Pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan, terutama jika minuman tersebut mengandung gula tinggi. Bila perlu, olah sendiri minuman buka puasa di rumah untuk mencegah konsumsi gula berlebihan.