3 Minuman Selain Susu yang Bisa Buat Tidur Lebih Nyenyak!

doktersehat-cokelat

DokterSehat.Com– Apa jenis minuman yang biasanya Anda konsumsi jelang tidur? Selain minuman yang rutin dikonsumsi pagi hari, sebagian besar orang juga memiliki beberapa minuman favorit yang rutin diminum jelang tidur.

Tujuannya tentu beragam, selain karena kebiasaan, tujuan untuk memperoleh tidur yang lebih nyenyak cukup banyak dijadikan alasan.

Susu sebagai minuman yang bisa membuat tidur nyenyak

Biasanya, susu merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dipilih untuk dapat memberikan rasa nyenyak saat tidur.

Alternatif-konsumsi-susu-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Andrew Magill

Hal ini memang benar adanya, karena susu merupakan minuman yang banyak mengandung protein, vitamin dan mineral.

Beberapa bentuk turunan protein pada susu, salah satunya adalah triptofan, dinilai mampu memberikan rasa rileks pada tubuh.

Tidak hanya itu, susu yang biasanya disajikan dengan suhu hangat, juga bisa memberikan rasa nyaman pada tubuh.

Kondisi ini merupakan kombinasi yang tepat bagi tubuh menjelang tidur, karena dinilai mampu memengaruhi hormon tubuh dalam memberikan rasa rileks.

Pilihan minuman yang bisa membuat tidur nyenyak selain susu

Akan tetapi, minuman yang bisa memberikan rasa nyenyak saat tidur dan cocok diminum pada malam hari, bukan hanya susu, lho.

Ada cukup banyak jenis minuman yang juga memiliki kandungan zat yang juga bisa memberikan rasa rileks jelang tidur, penasaran?

Beberapa jenis minuman yang cocok diminum menjelang tidur, selain susu, adalah:

1. Minuman cokelat

Anda penggemar minuman cokelat? Tidak hanya sebagai teman pendamping camilan sore Anda, minuman cokelat ternyata juga sangat cocok menjadi minuman jelang tidur, lho.
doktersehat-kafein-minuman-cokelatHal ini disebabkan cokelat, utamanya cokelat dengan persentase kokoa yang masih tinggi, memiliki beberapa jenis zat aktif, umumnya zat antioksidan, yang mampu memengaruhi hormon tubuh.

Kondisi tersebut mampu memberikan rasa nyaman pada tubuh, mengingat antioksidan bisa memberikan manfaat untuk sel-sel tubuh, sehingga metabolisme tubuh bisa berjalan dengan optimal.

Selain itu, minuman cokelat sebagai minuman jelang tidur, umumnya juga disajikan pada suhu hangat, hal ini yang membuat minuman cokelat bisa memberikan rasa rileks dan tidur jadi lebih nyenyak.

2. Teh chamomile

Pernah mencoba teh herbal yang satu ini? Ya, teh chamomile layak masuk dalam daftar minuman yang bisa membuat tidur kita lebih nyenyak.

chamomile-atasi-mata-panda-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Hal ini disebabkan teh dari bunga ini, terbukti memiliki banyak kandungan zat yang bisa memberikan manfaat bagi tubuh, mulai dari senyawa fenolik, zat anti bakteri dan peradangan.

Kandungan antioksidan yang ada pada the chamomile, juga mampu memberikan manfaat berupa peningkatan hormon serotonin dan melatonin yang bisa membuat tubuh merasa lebih tenang dan rileks.

Hal ini tentu super bermanfaat untuk membuat tubuh kita tidur lebih nyenyak, bukan?

3. Teh daun mint

Mendengar kata daun mint, kita tentu sudah bisa membayangkan aromanya yang super segar, ya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa teh daun mint menjadi salah satu jenis minuman yang cocok dikonsumsi sebelum tidur.

doktersehat-daunt-mint-untuk-kecantikan
Photo Credit: Pexels.com

Daun mint telah terbukti memiliki kandungan menthol yang tinggi. Aroma yang ada pada pada daun mint, baik ketika diekstrak sebagai teh maupun ditambahkan dalam bentuk segar, bisa memberikan sensasi aromatik yang menenangkan tubuh. Anda jadi semakin merasa rileks menjelang tidur, bukan?

Nah, itu dia 3 jenis minuman yang bisa memberikan rasa tenang dan rileks pada tubuh.

Minuman di atas tentu bisa menjadi pilihan minuman jelang tidur, sehingga tidak hanya bisa mendukung hidrasi tubuh yang baik, minuman di atas juga akan meningkatkan kualitas tidur Anda, bukan?