Dampak Minuman Bersoda Bagi Asam Urat

soda_kola_susu_doktersehat_1
Photo Source: handimania.com

DokterSehat.Com– Penderita asam urat memang tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman dengan sembarangan karena bisa jadi akan memperburuk kondisi kesehatannya. Hanya saja, apakah mereka masih bisa mengonsumsi minuman bersoda?

Meski bisa menghilangkan dahaga sekaligus membuat badan menjadi lebih segar, dalam realitanya minuman bersoda termasuk dalam minuman yang paling tidak baik bagi kesehatan. Penderita asam urat juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman ini karena bisa memberikan efek buruk bagi kondisi kesehatannya.

Di dalam minuman bersoda ternyata ada kandungan purin, kandungan yang dikenal luas sebagai penyebab utama masalah asam urat. Kandungan ini mampu merusak jaringan tulang rawan dan akhirnya memicu peradangan pada persendian dengan gejala nyeri, pembengkakan dan sensasi kaku yang susah untuk digerakkan. Jika terus menumpuk, purin juga bisa membuat kerusakan pada persendian dan tulang.

Kandungan purin yang sangat tinggi di dalam minuman bersoda ternyata juga bisa memicu penumpukan kristal asam urat yang akhirnya mengendap di dalam ginjal dan merusak fungsinya. Jika hal ini dibiarkan, lama-kelamaan ginjal akhirnya kehilangan fungsinya atau dalam dunia medis dikenal sebagai kondisi gagal ginjal. Penderita penyakit ini harus melakukan cuci darah seumur hidup yang tentu sangat merepotkan dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jika penderita asam urat mengonsumsi minuman bersoda, mereka pun akan lebih rentan mengalami penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat yang telah menumpuk. Jika sampai hal ini terjadi, maka aliran darah menuju otak dan jantung bisa terhambat dan akhirnya memicu datangnya serangan jantung atau stroke yang mematikan.

Selain minuman bersoda, penderita asam urat sebaiknya juga menghindari beberapa jenis makanan enak seperti jeroan atau makanan laut. Mereka juga harus menghindari minuman beralkohol yang bisa membuat kondisi asam urat menjadi semakin parah. Selain itu, penderita asam urat harus memperbanyak asupan air putih yang bisa membantu tubuh tidak mudah mengalami dehidrasi sekaligus membantu proses peluruhan zat asam urat di dalam tubuh. Hal ini tentu akan membuat kadar asam urat di dalam tubuh menurun dengan signifikan.