Terbit: 4 Desember 2019 | Diperbarui: 5 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sedang mengalami flu dan ingin mengonsumsi minuman yang cocok saat flu? Flu memang merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh, ya.

Minuman-lemon-madu-doktersehat-1

Flu merupakan penyakit yang dianggap ringan, namun membuat tubuh menjadi lemas, dan jika tidak segera ditangani maka kondisi tubuh tidak segera prima seperti sedia kala.

Biasanya, mengonsumsi obat dan bersitirahat cukup menjadi cara yang paling banyak dipilih untuk mengatasi flu.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman alami yang tepat, gejala flu juga bisa segera di atasi, lho.

doktesehat flu setelah Lebaran

photo credit: Pexels

Beberapa jenis minuman alami memiliki kandungan zat dan gizi tertentu yang memiliki sifat meredadakan gejala, bahkan mengatasi flu, dengan cukup baik.

Minuman-minuman ini, tidak hanya mudah dibuat namun juga sangat cocok dikonsumsi dalam suhu hangat agar kondisi tubuh menjadi rileks dan merasa lebih nyaman.

Penasaran apa saja jenis minuman alami yang ampuh mengatasi flu? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Pilihan minuman alami yang ampuh mengatasi flu

Berikut 4 jenis minuman alami yang bisa mengatasi flu:

1. Minuman lemon dan madu

doktersehat-cegah-atasi-flu-puasaKombinasi lemon dan madu telah terbukti mampu meringankan gejala flu. Lemon memiliki kandungan vitamin C dan cairan tinggi, yang penting untuk mengurangi keparahan reaksi akibat paparan virus flu dalam tubuh, dengan meningkatkan metabolisme dan imunitas tubuh.

Sedangkan madu merupakan bahan yang telah diteliti paling efektif mengatasi flu, karena kandungan antioksidan dan zat fitonutriennya yang cukup lengkap.

Cara membuat: Campurkan perasan ½ buah lemon ukuran sedang dalam gelas berisi air hangat, tambahkan paling banyak 1-2 sendok makan madu, lalu konsumsi 1-2 kali dalam sehari saat sedang mengalami flu.

2. Minuman dari jeruk alami

doktersehat-jeruk

photo credit : pexels.com

Minuman dari jeruk, baik jus jeruk atau sari jeruk, merupakan pilihan yang super tepat saat sedang mengalami flu. Minuman dari jeruk tinggi kandungan vitamin C, antioksidan, serat, dan cairan yang efektif meningkatkan kekebalan tubuh.

Minuman jeruk dapat lebih mudah diserap di pencernaan, sehingga bisa jadi pilihan minuman utama saat Anda sedang mengalami flu.

Tips membuat:
Sebisa mungkin usahakan buat minuman jeruk dari buah jeruk alami.

Pilih buah jeruk yang matang sempurna dan rasanya manis. Gunakan air hangat agar kandungan gizi yang ada pada minuman jeruk bisa diserap tubuh dengan lebih mudah.

Perhatikan agar tidak mengonsumsi minuman jeruk saat perut sedang kosong, agar tidak memengaruhi produksi asam lambung yang bisa menyebabkan timbulnya sakit maag.

3. Minuman dari rempah, utamanya jahe

doktersehat_manfaat_jahe

Photo Source: Flickr/ Kjokkennutsyr Net

Mengonsumsi minuman saat sedang flu, tidak hanya super nikmat namun juga mampu menghangatkan tubuh. Salah satu jenis rempah yang disebut mampu memberikan manfaat yang bisa melawan virus penyebab flu adalah jahe.

Jahe terkenal memiliki kandungan zat dan fitonutrien yang baik untuk tubuh dan berperan sebagai anti inflamasi, sehingga gejala dan kondisi flu bisa segera teratasi.

Cara membuat: Anda bisa menghaluskan jahe, memotong jahe segar, atau membuat minuman jahe dari jahe bubuk alami. Menambahkan madu dalam minuman jahe juga bisa jadi pilihan yang super sehat.

4. Air putih

doktersehat air putih

Photo credit: Pexels

Selain minuman di atas, air putih adalah pilihan minuman yang paling penting untuk membantu mengatasi dan mengurangi gejala flu.

Kebutuhan air putih saat sedang flu cenderung meningkat, sehingga asupannya yang tercukupi akan mendukung hidrasi tubuh yang baik serta melancarkan metabolisme tubuh.

Kondisi ini tentu sangat membantu penyembuhan tubuh dari flu dengan lebih optimal.

Pastikan Anda mengonsumsi lebih dari 8 gelas air putih, atau lebih, dalam sehari saat sedang flu, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi