Sederhana, 4 Cara Minum Teh di Pagi Hari yang Super Sehat

doktersehat-manfaat-teh-darjeeling
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar teh? Ya, teh memang telah menjadi salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari. Rasanya yang nikmat, cara memperoleh dan pembuatan yang mudah, serta khasiatnya yang luar biasa memang membuatnya layak untuk digemari.

Teh kerap dipilih sebagai minuman di berbagai suasana, mulai dari saat berkumpul resmi, saat santai, sebagai minuman setelah makan utama, atau minuman yang menemani memulai hari di pagi hari.

Berbagai kandungan zat yang ada pada teh memang membuatnya cocok untuk banyak suasana.

Akan tetapi, ada lho beberapa cara agar Anda bisa merasakan manfaat yang luar biasa dari teh utamanya saat pagi hari.

Penasaran apa saja cara sehat untuk minum teh di pagi hari? Yuk sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Mengapa minum teh di pagi hari menjadi penting diperhatikan?

Photo Credit: Pexels.com

Minum teh saat pagi hari perlu mendapat perhatian agar manfaatnya bisa maksimal, karena beberapa hal, diantaranya:

  • Kondisi pencernaan pasca istirahat yang sedang kosong
    Kondisi pencernaan yang sedang kosong setelah tidur lebih dari 7-8 jam membuat konsumsi teh sebaiknya tidak dilakukan dengan asal agar tidak mengganggu pencernaan.
  • Kandungan kafein yang ada pada teh
    Selain karena kondisi pencernaan, kandungan kafein pada teh juga cukup tinggi, meskipun tidak sebanyak kopi. Hal ini membuat konsumsi teh saat pagi hari harus disajikan dengan baik agar tidak membuat asupan kafein berlebihan.
  • Memaksimalkan manfaat dan khasiat dari teh untuk tubuh saat akan memulai hari
    Beberapa cara yang tepat dalam menyajikan teh pada pagi hari bisa mendukung penyerapan zat antioksidan lebih maksimal hingga membuat tubuh menjadi semakin rileks di awal hari.

Lantas, bagaimana cara agar konsumsi teh di pagi hari bisa menjadi super sehat?

Berikut beberapa cara sehat saat mengonsumsi teh di pagi hari:

1. Memilih jenis teh

Saat pagi hari, Anda bisa memilih beberapa jenis teh yang memiliki cukup banyak manfaat, misalnya teh hijau atau teh herbal.

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan mampu melancarkan metabolisme yang bisa mendukung optimaliasasi metabolisme tubuh di awal hari.

Sedangkan teh herbal, misalnya teh dari bunga kering, memiliki manfaat berupa kandungan antioksidan dan fitonutrien yang baik. Keduanya bisa menjadi variasi pilihan teh pagi hari yang super sehat.

2. Membatasi porsi dan kekentalan teh

Setelah memilih jenis teh yang sehat, Anda kini sebaiknya mulai memerhatikan porsi dan kekentalan teh.

Porsi teh yang akan Anda konsummsi di pagi hari sebaiknya jangan berlebihan, hal ini untuk mencegah volume lambung yang banyak terisi air dan bisa menyebabkan Anda tidak nafsu sarapan, 150-200 ml teh cukup untuk merasakan manfaatnya yang maksimal.

Sedangkan, kekentalan teh perlu diperhatikan, utamanya pada teh hijau yang kandungan kafeinnya cukup tinggi, sebaiknya buat teh tidak terlalu kental jika Anda mengonsumsinya dalam porsi yang cukup besar di pagi hari.

3. Mengontrol penggunaan pemanis atau memilih pemanis yang bebas kalori

Penggunaan pemanis berlebih di awal hari, selain dapat membuat tubuh craving makanan manis, juga dapat menyebabkan kandungan antioksidan pada teh tidak terserap maksimal, untuk itu usahakan tekan atau hindari sama sekali penggunaan pemanis pada teh.

Teh tawar bisa jadi pilihan yang tepat, atau jika ingin menambahkan pemanis bebas kalori, misalnya bubuk kayu manis.

4. Menambahkan beberapa rempah, bumbu, atau bahan lami yang menyehatkan

Photo Credit: Pexels.com

Teh sudah terkenal dengan manfaatnya yang membuat tubuh rileks, karena tingginya kandungan antioksidan dan fungsinya dalam melancarkan metabolisme.

Agar manfaat tersebut lebih maksimal, Anda bisa menambahkan beberapa bahan alami misalnya jahe, daun mint, serai, madu secukupnya atau rempah lain yang bisa membuat rasa dan aroma teh jadi lebih nikmat.