Minum Teh di Malam Hari Bikin Susah Tidur?

minum-teh-doktersehat
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Teh adalah salah satu minuman yang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja, termasuk malam hari. Hanya saja, teh termasuk dalam minuman yang memiliki kandungan kafein. Sebagaimana kita ketahui, kafein bisa membuat kita terjaga atau susah tidur. Sebenarnya, apakah dengan minum teh di malam hari, kita juga akan mengalami masalah susah tidur?

Kafein di dalam teh

Meskipun biasanya ditemukan di dalam teh atau kopi, sebenarnya kafein juga bisa ditemukan di berbagai bahan makanan lain. Sebagai contoh, cokelat yang lezat dan sering dijadikan camilan yang menenangkan pikiran juga memiliki kandungan kafein. Selain itu, minuman bersoda dan beberapa jenis obat-obatan juga memiliki kandungan ini.

Khusus untuk teh, baik itu teh hitam, teh hijau, ataupun teh putih, terdapat kandungan kafein kurang dari 100 gram untuk setiap cangkirnya. Jumlah ini cukup banyak sehingga jika kita mengonsumsinya dalam waktu yang terlalu malam, maka kita pun akan lebih rentan untuk mengalami susah tidur. Sebagai informasi, kandungan kafein ini mampu membuat kita terjaga karena menghambat produksi zat kimia otak yang membuat kita mengantuk. Selain itu, kafein juga akan merangsang produksi hormon adrenalin yang membuat kita tidak mudah mengantuk.

Semua teh bisa menyebabkan susah tidur?

Sebenarnya, tidak semua orang yang suka minum teh di malam hari akan mengalami efek susah tidur. Banyak orang yang bahkan sengaja meminumnya di waktu yang cukup larut demi menenangkan pikiran dan menghilangkan stres. Hal ini justru akan membantu kita lebih mudah terlelap. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi beberapa jenis teh herbal yang rendah atau bahkan tidak memiliki kandungan kafein. Teh ini akan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks yang tentu akan membantu kita tidur nyenyak.

Berikut adalah beberapa jenis teh yang justru bisa membantu kita tidur nyenyak

  1. Teh chamomile

Teh yang terbuat dari bunga chamomile ini ternyata tidak memiliki kandungan kafein sehingga tentu tidak akan memberikan efek susah tidur. Mengonsumsi teh chamomile justru akan meredakan rasa cemas atau gelisah sehingga membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks.

Para ahli yang berasal dari Maryland University Medical Center, Amerika Serikat menyarankan kita mengonsumsi teh ini dengan cara memasukkan tiga sendok teh bunga chamomile yang sudah dikeringkan ke dalam air panas.

  1. Teh mint

Teh yang terbuat dari daun mint jelas berbeda dengan teh biasa yang dicampurkan dengan daun mint. Memang, keduanya memiliki rasa yang enak dan bisa menenangkan pikiran, namun teh mint hanyalah dibuat dari bahan utama berupa daun mint yang telah dikeringkan. Teh ini tidak memiliki kandungan kafein sama sekali dan memiliki rasa yang cenderung segar dan sedikit manis.

Selain bisa membantu kita tidur dengan lebih nyenyak, pakar kesehatan menyebut minum teh mint di malam hari bisa membantu mengatasi sakit perut dan menghilangkan stres. Hanya saja, jika kita mengalami riwayat penyakit asam lambung, sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi teh mint karena bisa saja menyebabkan gejala penyakit ini kambuh.

  1. Teh jahe

Teh jahe hangat seringkali dianggap sebagai minuman yang bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh sehingga cocok untuk dikonsumsi saat suhu udara sedang cukup dingin. Teh ini tidak memiliki kandungan kafein dan akan membantu meredakan gejala seperti mual-mual dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Mengonsumsinya bisa membantu kita tidur dengan nyenyak.