Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Bikin Gemuk?

doktersehat-khasiat-susu-kambing-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, ada baiknya kita memenuhi asupan makanan yang sehat dan bergizi setiap hari. Untuk melengkapinya, pakar kesehatan juga merekomendasikan kita untuk mengonsumsi susu secara teratur. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, adakah waktu terbaik bagi kita untuk minum susu?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk minum susu ternyata adalah di pagi dan malam hari sebelum tidur. Jika kita meminumnya di pagi hari, maka kita pun akan dapat memenuhi kebutuhan energi yang sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas seharian.

Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa meminum susu di pagi hari bisa meningkatkan stamina sehingga tubuh pun akan menjadi semakin fit. Tak hanya itu, minum susu di pagi hari juga akan membuat kita memiliki suasana hati yang lebih baik sehingga kita pun akan semakin bersemangat.

Di pagi hari, kita juga bisa meminum susu sebelum melakukan olahraga agar tubuh mendapatkan kandungan protein dan kalsium yang membantu perkembangan otot dan tulang.

Jika kita minum susu di malam hari, apalagi sebelum tidur, kita juga tidak perlu khawatir jika kebiasaan meminum susu ini akan membuat kita bertambah gemuk. Jika kita memang tidak ingin menaikkan berat badan, kita bisa memilih susu yang rendah lemak.

Meminum susu sebelum tidur sendiri bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan. Sebagai contoh, kandungan triptofan yang ada di dalam susu ternyata bisa membuat tubuh melepas hormon melatonin. Hormon ini bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang sehingga akan meningkatkan kualitas tidur kita.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk minum susu menjelang waktu tidur jika kita mengalami masalah susah tidur. Dengan melakukannya, kita pun akan terbebas dari masalah insomnia sekaligus menghindari konsumsi obat tidur yang kurang sehat.

Manfaat Rutin Minum Susu

1. Susu meningkatkan berat badan

Susu membantu Anda menambah berat badan ketika berkontribusi pada asupan kalori yang lebih besar daripada yang Anda bakar dalam sehari. Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Archives of Pediatric and Adolescent Medicine menunjukkan bahwa ekstra kalori dalam bentuk tiga atau lebih porsi susu berkontribusi terhadap kenaikan berat badan pada anak-anak berusia 9 hingga 14. Kalori ekstra bertanggung jawab untuk peningkatan indeks massa tubuh anak-anak, bukan kualitas tertentu dalam susu.

2. Berapa banyak susu yang diminum untuk menambah berat badan

Satu porsi 8 ons susu 2 persen mengandung 122 kalori. Gunakan susu sebelum tidur untuk meningkatkan asupan harian Anda dengan 500 kalori dan mendapatkan 1 kg per minggu, Anda harus minum antara 4 dan 5 cangkir setiap malam. Tingkatkan kandungan kalori dengan mencampur setiap gelas susu dengan bubuk susu kering tanpa lemak – 1/4 cangkir menambahkan 109 kalori – dan buat 1 cangkir setara dengan 230 kalori.

Jika Anda hanya mengonsumsi satu porsi 8 ons susu yang diperkaya dengan 1/4 cangkir bubuk susu kering, Anda akan mendapatkan satu kilogram setiap 15 hari atau lebih. Jika Anda tidak menambahkan bubuk, Anda membutuhkan sekitar satu bulan untuk mendapatkan satu liogram dengan menambahkan secangkir susu sebelum tidur setiap malam, dengan asumsi Anda tidak membuat perubahan lain pada diet Anda.

3. Susu dapat meningkatkan masa otot

Menambah berat badan dalam bentuk otot lebih baik untuk mendapatkan jaringan lemak tambahan. Untuk meningkatkan kekuatan otot, latih kekuatan selain meningkatkan asupan kalori Anda. Targetkan kelompok otot utama setidaknya dua kali per minggu dengan satu set latihan yang membuat Anda merasa lelah dalam delapan hingga 12 kali. Tambahkan berat dan latihan saat Anda menjadi lebih kuat.

Dalam edisi 2007 American Journal of Clinical Nutrition, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi susu tanpa lemak satu jam setelah latihan mendorong pertumbuhan otot yang lebih besar pada tahap awal pelatihan ketahanan bila dibandingkan dengan suplemen kedelai atau karbohidrat. Susu dikonsumsi satu jam setelah latihan, tidak tepat sebelum tidur, tetapi jika Anda berlatih di kemudian hari, itu bisa membantu menambah keuntungan Anda.

Sebuah studi edisi 2012 Kedokteran dan Ilmu Olahraga, yang menunjukkan bahwa konsumsi susu dan produk susu lainnya membantu para wanita memperoleh tubuh ramping dan mempertahankan tulang sambil mengurangi lemak tubuh yang tidak diinginkan. Sekali lagi, mengonsumsi protein susu tepat setelah olahraga adalah kunci dalam mempromosikan hasil ini. Anda tidak dapat menjamin bahwa susu sebelum tidur akan menciptakan efek pembentukan otot untuk pelatihan yang dilakukan beberapa jam sebelumnya.

4. Strategi untuk menambah berat badan ainnya

Susu murni mengandung lebih banyak kalori daripada versi rendah lemak karena mengandung sedikit lemak jenuh dalam setiap cangkir: 8 gram susu utuh dibandingkan 5 gram dalam 2 persen susu. Bahkan jika Anda kurus, Anda masih rentan terhadap efek dari pilihan diet yang buruk. Overconsuming lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, menurut American Heart Association.

Hindari menambah gula ke dalam susu dengan sirup cokelat atau stroberi agar lebih enak. Gula ekstra bukanlah sumber kalori berkualitas. Buatlah susu menjadi smoothie dengan pisang dan bubuk protein, atau tambahkan satu sendok teh madu jika ingin menambah rasa. Smoothie akan menambah bonus kalori yang sehat juga.

Daripada hanya meminum susu sebelum tidur untuk menambah berat badan, pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak kalori pada waktu-waktu lain di siang hari juga. Makan camilan tambahan seperti segenggam kacang atau semangkuk sereal granola. Tingkatkan kalori saat makan dalam bentuk minyak zaitun, biji bunga matahari, porsi tambahan protein, roti gandum, selai kacang atau alpukat.