Terbit: 21 Maret 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebelum mengonsumsi sarapan pagi atau saat perut masih dalam kondisi kosong, ada orang yang sengaja minum susu demi mengganjal perut. Kandungan kalori di dalam susu disebut-sebut bisa membuat kita kenyang. Bahkan, karena hal ini, banyak orang yang sengaja sarapan hanya dengan susu saja. Sebenarnya, apakah hal ini tidak apa-apa bagi kesehatan?

Bolehkah Minum Susu Saat Perut Masih Kosong?

Dampak minum susu saat perut masih kosong

Sebenarnya, susu termasuk dalam minuman yang tinggi kandungan gizi dan nutrisi. Sebagai contoh, kita bisa menemukan protein, lemak, kalsium, dan berbagai macam vitamin yang tentu akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Rutin minum susu juga bisa membantu menyehatkan dan menguatkan tulang. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, susu tetap tidak bisa menggantikan sarapan. Susu bisa dikonsumsi sebagai pelengkap sarapan sehingga kita pun bisa mendapatkan asupan nutrisi yang jauh lebih lengkap.

Lantas, bagaimana jika susu dikonsumsi saat perut masih kosong atau sebelum sarapan? Pakar gizi dr. Marudut menyebut hal ini tidak masalah untuk dilakukan. Minum susu bisa dikonsumsi kapan saja karena hal ini bergantung pada kebiasaan setiap orang. Sebagai contoh, jika kita terbiasa mengonsumsinya setelah bangun tidur dan tidak mengalami efek samping apapun seperti kenaikan asam lambung atau mual-mual, maka penyerapan nutrisi dari susu bisa berlangsung dengan sangat baik.

Pakar kesehatan dr. Rupali Datta yang berasal dari Okhla, New Delhi, India juga mengemukakan hal yang sama. Tidak masalah jika kita minum susu saat perut masih kosong asalkan kita tidak mengalami gangguan pencernaan atau intoleransi laktosa. Hanya saja, kita harus memastikan bahwa susu dikonsumsi sebagai pelengkap makanan, bukannya pengganti makanan.

Sementara itu, pakar kesehatan lainnya Shilpa Arora tidak menganjurkan minum susu saat perut masih dalam kondisi kosong karena keberadaan lemak yang tinggi di dalam susu akan membuat kinerja pencernaan lebih berat dan lambat. Dikhawatirkan hal ini akan memberikan sensasi tidak nyaman pada perut dan kita justru kehilangan selera makan untuk sarapan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Hanya saja, jika kita memang terbiasa meminumnya sebelum sarapan dan tidak mengalami efek samping, tidak masalah untuk minum susu setelah bangun tidur.

Manfaat minum susu saat sarapan

Jika kita terbiasa minum susu saat sarapan pagi, maka kita bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Menyediakan asupan kalsium dan kalium

Kalsium dan kalium bisa membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, kedua kandungan ini juga berperan besar dalam kesehatan saraf, kontraksi otot, dan proses pembekuan darah. Kalium juga bisa membantu menjaga tekanan darah tetap seimbang sehingga menurunkan risiko hipertensi.

  1. Menyediakan protein

Kandungan protein dan asam amino di dalam susu akan membantu kesehatan otot dan sel-sel tubuh. Kandungan ini juga bisa membantu kita menjaga pola makan dengan lebih sehat sehingga berat badan tidak akan mudah naik.

  1. Menyediakan vitamin

Vitamin A, vitamin B12, dan Vitamin D biasanya bisa ditemukan di dalam susu. Kandungan vitamin ini akan membantu menyehatkan mata, kulit, menjaga proses regenerasi sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan saraf, dan membuat tulang menjadi lebih kuat.

  1. Menyediakan fosfor dan riboflavin

Fosfor dan riboflavin yang ada di dalam susu bisa membuat tubuh lebih berenergi sehingga kita pun tidak akan mudah merasa lesu atau sulit berkonsentrasi.

  1. Menyediakan niasin

Niasin adalah sejenis enzim yang membantu tubuh mengolah gula dan lemak dengan lebih baik. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Kandungan ini juga bisa membuat sistem saraf bekerja dengan lebih baik.

Melihat fakta ini, jangan ragu untuk minum susu di pagi hari. Banyak manfaatnya kok.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi