Minum Soda Tiap Hari, Pria Ini Tewas

kola_soda_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/mcouper

DokterSehat.Com– Meskipun pakar kesehatan sudah berkali-kali menyebut minuman bersoda sebagai minuman yang tidak sehat, tetap saja masih banyak orang yang sering mengonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh kenikmatan dan kesegaran minuman bersoda untuk dikonsumsi, apalagi saat udara sedang cukup panas. Padahal, jika kita meminumnya setiap hari, dampaknya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Tewas setelah minum soda setiap hari

Kabar tentang pria yang meninggal setelah minum soda setiap hari ini datang dari Suzhou, Tiongkok. Pria ini masih berusia 30 tahun dan berprofesi sebagai pekerja kantoran. Sebelum meninggal, sang pria mengalami gejala tubuh yang lemah dan kehausan berlebihan selama 10 hari. Ia juga terlihat sering pergi ke toilet dan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Pria yang dikenal dengan nama Wang ini berpikir jika dirinya mengalami heat stroke akibat suhu udara yang sangat panas di musim panas tahun ini. Demi mengatasi rasa haus berlebihan yang dideritanya, ia pun memilih untuk sering minum soda.

Bukannya merasakan sensasi segar, Wang justru semakin merasa kehausan. Tubuhnya juga terasa semakin lelah. Pada Selasa, 6 Agustus 2019 lalu malam, Wang akhirnya dilarikan ke UGD rumah sakit terdekat oleh temannya karena kondisinya yang semakin memburuk.

Dokter langsung melakukan tes kadar gula darah pada Wang. Hasilnya adalah, kadar gula darahnya 20 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan kadar gula darah yang normal, tepatnya 110 mmol/L. Selain itu, di dalam tubuh Wang juga telah mengalami kondisi asidosis, kondisi yang membuat cairan dan jaringan tubuh sudah sangat asam dan mengalami ketidakseimbangan kadar kalium.

Setelah diperkisa lebih mendalam, Wang mengalami komplikasi diabetes yang disebut sebagai hyperglycemic hypersosmolar syndrome. Sayangnya, Wang sama sekali tidak sadar jika dirinya telah mengalami diabetes gara-gara kebiasaannya mengonsumsi minuman bersoda dengan berlebihan. Ia pun akhirnya kehilangan nyawa akibat hal ini.

Dampak lain dari kebiasaan minum soda berlebihan

Selain bisa meningkatkan risiko terkena diabetes dan komplikasinya yang mematikan, pakar kesehatan menyebut ada dampak kesehatan lain yang bisa dirasakan jika kita mengonsumsi minuman bersoda dengan berlebihan.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

  1. Bisa membahayakan kondisi ginjal

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan minum soda dua kali setiap hari sudah cukup untuk menyebabkan kerusakan ginjal. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang kewalahan dan harus bekerja dengan keras demi mengolah pemanis buatan, pewarna buatan, asam fosfat, serta kafein yang sangat tinggi di dalam minuman tersebut.

  1. Bisa memicu obesitas

Kandungan gula dan kalori yang tinggi di dalam minuman bersoda akan meningkatkan berat badan dengan cepat. Risiko untuk terkena obesitas pun meningkat. Padahal, obesitas dikenal luas sebagai ibu dari berbagai macam masalah kesehatan yang serius.

  1. Bisa menurunkan kekuatan tulang

Kandungan kafein dan asam fosfat di dalam minuman bersoda bisa memicu gangguan keseimbangan kalsium di dalam tubuh. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Kita juga akan lebih rentan terkena masalah gigi berlubang dan gigi keropos.

  1. Bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke

Rutin mengonsumsi minuman bersoda setiap hari akan menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini sepertinya terkait dengan masalah diabetes yang bisa menyebabkan komplikasi-komplikasi tersebut.

  1. Bisa memicu masalah asam lambung

Minuman bersoda cenderung memiliki sifat yang sangat asam. Hal ini tentu akan membuat produksi asam lambung meningkat dengan signifikan. Risiko untuk terkena masalah gastroesophageal reflux disease (GERD) atau tukak lambung pun akan meningkat.