DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang sembarangan minum obat. Hal ini disebabkan oleh beberapa jenis obat pereda nyeri yang bisa didapatkan dengan mudah di warung-warung terdekat. Mereka juga cenderung tidak mematuhi aturan minum pada kemasan obat. Masalahnya adalah kebiasaan ini ternyata bisa memicu datangnya gagal ginjal. Hal inilah yang sering terjadi di Blitar, Jawa Timur.

obat-doktersehat

Dampak Sembarangan Minum Obat bagi Ginjal

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dari bulan Januari hingga September 2019, setidaknya 1.189 warga mengalami masalah gagal ginjal kronis. Salah satu penyebab hal ini adalah kebiasaan mengonsumsi obat pereda nyeri dengan sembarangan. Fakta ini diungkap oleh Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinkes Blitar, Muji Astuti.

“Jumlah penderita gagal ginjal cenderung meningkat karena pada tahun 2018 tidak sampai seribu orang yang mengalaminya,” kata Muji.

Dinkes menyebut kebanyakan penderita gagal ginjal adalah orang yang masih berusia produktif. Bahkan, ada yang masih berusia 19 tahun!

Penyebab dari tingginya kasus gagal ginjal yang diderita warga Blitar ini disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Selain itu, kebanyakan dari para pasien adala orang yang terbiasa mengonsumsi obat anti nyeri yang memang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Masalahnya adalah jika obat ini dikonsumsi dengan dosis yang berlebihan atau dalam jangka panjang, bisa membuat ginjal rusak.

“Kebiasaan minum obat masih menjadi penyebab utama tingginya kasus gagal ginjal,” jelas Muji.

Muji menyebut obat pereda nyeri yang paling sering dibeli oleh para pasien adalah obat untuk mengatasi gatal-gatal atau nyeri pada tulang. Masalahnya adalah obat ini tidak perlu dibeli dengan resep dokter.

Melihat fakta ini, Muji pun meminta masyarakat untuk lebih cermat dalam meminum obat. Tak hanya lebih cermat dalam melihat aturan minum, efek samping, dan dampak jangka panjang dari obat, tak ada salahnya untuk meminta saran dari apoteker atau dokter demi mendapatkan obat yang aman untuk dikonsumsi.

Beberapa Hal yang Bisa Memicu Gagal Ginjal

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan datangnya gagal ginjal selain karena kebiasaan minum obat dengan sembarangan.

Berikut adalah berbagai macam penyebab tersebut.

  1. Gangguan Peredaran Darah Menuju Ginjal

Jika sampai ginjal tidak mendapatkan aliran darah dengan cukup karena terjadi gangguan sirkulasi darah, maka akan membuat fungsinya semakin menurun dan bisa jadi akan benar-benar rusak.

Pakar kesehatan menyebut beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, alergi, dehidrasi, infeksi, hingga masalah pada hati bisa menjadi penyebab terganggunya sirkulasi darah menuju ginjal.

2. Gangguan Buang Air Kecil

Jika sampai tubuh mengalami gangguan pembuangan urine, maka racun akan semakin menumpuk di dalam ginjal dan bisa menyebabkan kerusakan. Beberapa hal yang bisa memicu hal ini adalah batu ginjal, gangguan prostat, atau gangguan saraf pada kandung kemih.

3. Masalah Kesehatan yang Serius

Beberapa masalah kesehatan yang serus seperti diabetes, hipertensi, dan riwayat keluarga dengan gagal ginjal bisa menjadi penyebab masalah gagal ginjal.

4. Berbagai Penyebab Lainnya

Beberapa masalah kesehatan yang bisa memicu datangnya gagal ginjal adalah terjadinya penggumpalan di dalam atau di sekitar ginjal, terjadinya infeksi, paparan racun atau logam yang berbahaya, kebiasaan mengonsumsi narkoba dan alkohol, hingga mengalami penyakit lupus.

Melihat fakta ini, ada baiknya kita memang lebih cermat dalam menjaga gaya hidup demi mencegah datangnya gagal ginjal.

 

Sumber:

  1. Arif, Solichan. 2019. Waduh, Sering Minum Obat Nyeri Sebabkan Ribuan Warga Blitar Gagal Ginjal . daerah.sindonews.com/read/1441622/174/waduh-sering-minum-obat-nyeri-sebabkan-ribuan-warga-blitar-gagal-ginjal-1568979255. (Diakses pada 27 September 2019).