Kopi Pagi Masih Sisa, Amankan Diminum di Sore Hari?

kopi-doktersehat
Photo Source: Twitter/kopiombak

DokterSehat.Com– Meski tidak direkomendasikan waktunya oleh pakar kesehatan, dalam realitanya banyak orang yang sengaja minum kopi di pagi hari demi menambah semangat atau sekadar menghilangkan rasa kantuk. Hanya saja, terkadang kopi yang dibuat di pagi hari ini tidak bisa langsung dihabiskan hingga sisa. Lantas, apakah tidak apa-apa jika kita mengonsumsi kopi sisa ini saat di sore atau malam hari?

Mengonsumsi kopi sisa

Charles Geba, pakar kesehatan dari University of Arizona’s School of Public Health, Amerika Serikat mengungkap sebuah fakta tentang mengonsumsi kopi sisa yang sudah dibiarkan selama beberapa jam. Menurut Geba, kopi ini masih aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, kopi yang dimaksud adalah kopi hitam atau kopi asli, bukannya kopi yang sudah diberi tambahan susu.

Meskipun tergolong dalam minuman yang tinggi kandungan manfaat kesehatan, pakar kesehatan menyebut susu sebagai minuman yang memiliki masa kualitas pendek. Sebagai contoh, jika sudah dikeluarkan dari kulkas, susu sebaiknya segera dihabiskan dalam jangka waktu kurang dari dua jam. Jika tidak, dikhawatirkan susu akan mengalami perubahan kualitas yang membuatnya tak lagi bermanfaat.

Kandungan di dalam kopi hitam, yakni kafein sebenarnya memiliki sifat anti mikroba yang tentu akan membuat kopi yang dicampur susu tidak akan mudah terkena bakteri, namun pakar kesehatan menyebut kopi yang dicampur susu jika dibiarkan dalam waktu yang lama bisa jadi akan mengalami penurunan kualitas, apalagi jika susu yang dimasukkan ke dalam kopi tidak melalui proses pasteurisasi sama sekali.

Pakar kesehatan Fernanda Haffner yang berasal dari University of Lorraine, Perancis menyebut kopi yang tercampur dengan susu juga sebaiknya tidak lagi dikonsumsi jika sudah dibiarkan begitu saja selama 2 jam karena akan mengalami perubahan rasa yang membuatnya tak lagi nikmat sebagaimana saat masih dalam kondisi hangat.

Berbagai kesalahan yang sering kita lakukan saat minum kopi

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal sering kita lakukan saat membuat atau minum kopi yang ternyata bisa membuat manfaat kesehatannya menurun dengan signifikan.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering kita lakukan tersebut.

  1. Minum kopi di waktu yang tidak tepat

Banyak orang yang minum kopi di waktu malam hari sembari menonton televisi atau mengobrol bersama dengan teman-teman saat berada di kafe atau tempat makan lainnya. Meskipun sangat menyenangkan untuk dilakukan, pakar kesehatan menyebut hal ini bisa membuat kita menjadi susah tidur. Padahal, susah tidur akan membuat badan menjadi lebih lemas dan lebih mudah jatuh sakit.

Kita juga tidak direkomendasikan untuk minum kopi di pagi hari karena di waktu ini sebenarnya tubuh sudah mengeluarkan hormon kortisol secara alami demi menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan kewaspadaan, dan membuat kita menjadi lebih bersemangat.

Terbiasa minum kopi bisa membuat proses ini tidak berjalan dengan semestinya di kemudian hari sehingga membuat kita ketergantungan dengan kopi di kemudian hari hanya demi menghilangkan rasa kantuk.

  1. Minum kopi berlebihan

Konsumsi kafein secara berlebihan bisa memberikan dampak kesehatan yang serius seperti meningkatnya tekanan darah hingga jantung yang berdebar-debar. Bahkan, jika kita mengonsumsi kafein hingga lebih dari 400 mg setiap hari, bisa jadi akan menyebabkan dampak yang fatal seperti kematian dini.

  1. Suhu kopi yang terlalu panas

Kopi memang sangat nikmat untuk dikonsumsi saat suhunya masih panas, namun jika kita tetap meminumnya di suhu yang sangat panas, bisa jadi akan meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan. Tunggulah hingga suhunya menjadi lebih hangat atau mendingin agar lebih aman untuk dikonsumsi.