Terbit: 14 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setelah makan siang, kita biasanya akan langsung mengantuk dan ingin tidur siang meskipun hanya sebentar. Hal ini wajar terjadi karena tubuh memfokuskan energi bagi saluran pencernaan sehingga energi bagi otak pun menurun. Demi mengatasi hal ini, banyak orang yang memilih untuk minum kopi setelah makan siang. Logikanya, dengan minum kopi, tubuh tidak akan mudah mengantuk dan kita pun bisa kembali bekerja dengan lancar.

Bahaya, Jangan Minum Kopi Setelah Makan Siang!

Dilansir dari mirror.co.uk, salah satu fungsi utama dari kafein di dalam kopi memang membuat kita tetap waspada dan tidak mudah mengantuk. Sayangnya, efek ini juga bisa berimbas buruk bagi kesehatan. Sebagai contoh, jika kita minum kopi di malam hari, maka risiko untuk mengalami susah tidur juga meningkat. Yang tidak disangka adalah, kebiasaan minum kopi setelah makan siang ternyata juga bisa memberikan efek yang sama.

“Apa yang dikonsumsi saat siang hari juga bisa mempengaruhi kualitas tidur malam, termasuk kopi. Sebaiknya kita tidak mengonsumsinya setelah makan siang,” ucap dr. Andrew Rochford.

Dr. Andrew menyarankan kita untuk tidak lagi minum kopi setelah pukul 14.00 jika kita sering mengalami masalah susah tidur. Jika kita nekat untuk meminumnya di jam yang lebih sore, besar kemungkinan waktu istirahat kita terganggu dan hal ini akan berimbas buruk bagi kebugaran dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kafein ternyata bisa mengubah susunan kandungan kimia otak dan membuat kinerja otak alami mengalami hambatan. Hal inilah yang akhirnya membuat kita rentan mengalami gangguan tidur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak mengonsumsi kopi setelah makan siang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi