Terbit: 30 Maret 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang sengaja menikmati kopi setelah mengonsumsi makan malam. Hal ini disebabkan oleh kenikmatan minuman ini yang dianggap bisa melengkapi makan malam. Bahkan, terkadang kita bisa melakukannya sambil menonton acara televisi atau mengobrol bersama dengan teman-teman atau keluarga. Hanya saja, apakah tidak apa-apa jika kita minum kopi setelah makan malam?

Minum Kopi Setelah Makan Malam, Berbahaya atau Tidak?

Dampak minum kopi setelah makan malam

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui dampak dari kebiasaan minum kopi setelah makan di University of Guelph, Kanada. Hasilnya adalah, jika kita mengonsumsinya setelah makan, termasuk setelah makan malam, maka kadar gula darah bisa naik hingga dua kali lipat. Apalagi jika kadar lemak dalam makanan yang kita konsumsi cukup banyak. Keberadaan lemak ini akan membuat produksi hormon insulin terpengaruh dan akhirnya memicu peningkatan kadar gula darah dengan signifikan.

Salah satu peneliti yang ikut serta, Marie-Soleil Beaudoin, menyebut kafein di dalam kopi mampu mengganggu komunikasi antara usus dengan pankreas. Hal inilah yang akhirnya mengganggu produksi hormon insulin tubuh dan membuat kadar gula darah cenderung meningkat. Masalahnya adalah, jika kondisi kadar gula darah ini terus tinggi, dikhawatirkan risiko diabetes bisa ikut meningkat.

Dampak minum kopi di malam hari

Sudah menjadi rahasia umum jika kopi bisa memberikan efek samping jika dikonsumsi di malam hari. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kafein yang akan mempengaruhi produksi hormon melatonin, hormon yang membuat kita mengantuk dan beristirahat di malam hari.

Pfrof John O’Neill yang berasal dari Molecular Biologic Medic Research Laboratory menyebut mengonsumsi kafein di malam hari bisa mengganggu jam biologis tubuh dengan signifikan. Hal inilah yang membuat kita tak kunjung mengantuk meski tubuh sudah lelah dan akhirnya kesulitan untuk terlelap. Karena alasan inilah, konsumsi kopi di malam hari sangat tidak dianjurkan, khususnya bagi mereka yang memang cenderung sensitif dengan kandungan kafein.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Beberapa waktu lain yang tidak dianjurkan untuk minum kopi

Selain di malam hari atau setelah makan malam, pakar kesehatan menyebut ada beberapa waktu lain yang ternyata juga tidak direkomendasikan untuk minum kopi.

Berikut adalah waktu-waktu minum kopi tersebut.

  1. Setelah bangun pagi

Banyak orang yang sengaja minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari demi membantu tubuh segera menghilangkan rasa kantuk sekaligus menambah semangat. Sayangnya, pakar kesehatan justru menyebut kebiasaan ini tidak baik.

Bisa jadi kebiasaan ini akan membuat kepala pusing karena di jam-jam inilah, produksi hormon kortisol secara alami berlangsung. Peningkatan jumlah hormon ini akibat konsumsi kopi bisa menyebabkan kepala pusing dan bahkan membuat proses produksi hormon secara alami ini akan terganggu. Di lain hari, kita pun menjadi ketergantungan dengan kopi hanya demi menghilangkan rasa kantuk.

  1. Saat bersama dengan teman-teman di kedai

Sebenarnya, tidak ada salahnya jika kita minum kopi bersama dengan teman-teman di kedai, namun terkadang asyiknya obrolan membuat kita tidak memilih kopi yang tepat. Bukannya kopi hitam yang sehat, kita justru memilih kopi yang memiliki tambahan gula dan kalori yang tinggi. Kita pun akan lebih rentan terkena kenaikan berat badan atau risiko diabetes akibat hal ini.

  1. Saat larut malam

Banyak orang yang sengaja minum kopi di larut malam demi membantu tubuh menghilangkan rasa kantuk karena ingin menonton acara televisi kesayangan atau mengobrol bersama dengan teman-teman. Sayangnya, hal ini akan membuat kita lebih rentan terkena insomnia di kemudian hari.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi