Minum Kopi Setelah Berolahraga, Berbahayakah?

minum-kopi-doktersehat.jpg
Photo Source: Flickr/bradleypjohnson

DokterSehat.Com– Setelah berolahraga, banyak orang langsung mencari makanan atau minuman yang bisa menyegarkan sekaligus mengembalikan energi tubuh. Sebagian dari mereka kemudian mengonsumsi kopi yang memang dikenal memiliki rasa yang nikmat. Hanya saja, apakah tidak apa-apa jika kita minum kopi langsung setelah berolahraga?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology, disebutkan bahwa minum kopi ternyata memang bisa membantu proses pemulihan tubuh setelah berolahraga berlangsung dengan lebih baik. Dalam penelitian ini, para atlet yang mengonsumsi kafein dan karbohidrat setelah berolahraga langsung mampu mengembalikan glikogen 66 persen dengan lebih cepat dibandingkan dengan para atlet yang hanya mendapatkan asupan karbohidrat saja.

Sebagaimana kita ketahui, tubuh menggunakan glukosa sebagai sumber energi saat berolahraga. Jika glukosa sudah habis, maka tubuh akan memakai glikogen di dalam otot yang merupakan sumber energi. Jika keduanya habis, maka tubuh pun akan terasa lelah. Demi mengembalikannya, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat. Hanya saja, tubuh membutuhkan waktu untuk mengolah karbohidrat menjadi energi dan membentuk kembali glikogen. Hal yang berbeda terjadi jika kita minum kopi, kemampuannya dalam membuat tubuh lebih segar dan berenergi jelas jauh lebih cepat.

Hanya saja, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak hanya minum kopi saja. Pastikan untuk juga mengonsumsi makanan berkarbohidrat demi mendapatkan manfaatnya. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi kopi dengan berlebihan karena dikhawatirkan bisa memicu kegelisahan atau peningkatan denyut jantung. Kopi yang bersifat diuretik atau menguras cairan tubuh juga kurang baik bagi tubuh karena setelah berolahraga, tubuh justru baru saja kehilangan banyak cairan dan membutuhkan air untuk mencegah dehidrasi. Karena alasan inilah konsumsi kopi setelah berolahraga sebaiknya secukupnya saja.

Selain itu, pakar kesehatan juga tidak menyarankan kita untuk mengonsumsi kopi setelah melakukan olahraga di sore atau malam hari karena efek kafeinnya dikhawatirkan mampu membuat kita susah tidur malam.

Jika kita mengalami gangguan lambung sehingga tidak bisa minum kopi, kita bisa menggantinya dengan cairan isotonik yang memang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.