Studi Baru: Konsumsi Kopi Sebelum Olahraga Memiliki Manfaat ini

doktersehat-minuman-diet
Photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Sampai saat ini begitu banyak mitos beredar tentang larangan mengonsumsi kopi sebelum olahraga. Mitos tersebut mengatakan bahwa kopi mengandung kafein yang tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi sebelum beraktivitas berat. Sebab, bisa meningkatkan detak jantung yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Tentunya mitos tersebut menciptakan rasa takut tersendiri bagi sebagian besar orang. Padahal, kopi sendiri sudah menjadi minuman khas nusantara yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Lantas, bagaimana menyikapi mitos tersebut?

Perlu diketahui, mengonsumsi kopi sebelum latihan memang tidak dianjurkan, tapi bukan berarti tidak boleh. Pasalnya, baru saja ada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Science Sports, mengatakan bahwa ada manfaat lain yang bisa dirasakan seseorang jika mengonsumsi kopi sebelum latihan. Namun, mengonsumsinya harus sesuai aturan, yakni tidak terlalu mepet waktunya serta tidak dalam jumlah banyak.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat mengonsumsi kopi sebelum olahraga:

1. Meredakan Nyeri Otot

Saat berolahraga, Anda pasti akan mengalami nyeri otot pada bagian tubuh tertentu. Nyeri tersebut bisa berskala kecil ataupun besar. Umumnya, nyeri yang datang akan bertahan cukup lama, bahkan lebih dari 24 jam. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi kopi sebelum latihan. Hal tersebut dikarenakan kafein pada kopi dipercaya bisa meningkatkan kemampuan otot saat olahraga sehingga rasa nyeri tersebut tidak bertahan lama.

2. Memperbaiki Metabolisme

Kopi memang dipercaya bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karenanya, kopi sering dijadikan menu favorit saat sedang diet. Begitu pula ketika berolahraga, tubuh membutuhkan metabolisme yang baik agar hasilnya semakin maksimal. Pada hal ini, kopi dipercaya bisa membantu metabolisme tersebut sehingga pembakaran lemak menjadi lebih optimal.

3. Meningkatkan Performa

Untuk manfaat yang satu ini telah dibuktikan oleh survey yang melibatkan beberapa responden. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi kopi sebelum latihan memiliki performa dan daya tahan lebih baik. Kendati demikian, para peneliti juga menekankan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi dan mengimbanginya dengan air mineral untuk menstabilkan detak jantung.