Begini Dampak Minum Kopi Saat Perut Masih Kosong

fakta-kopi-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang sengaja minum kopi di pagi hari saat perut masih dalam kondisi kosong. Kopi panas memang bisa menghangatkan badan sekaligus membuat rasa kantuk menghilang. Hanya saja, jika dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong, maka kita pun akan lebih rentan untuk terkena gangguan pencernaan seperti kenaikan asam lambung.

Rasa kopi memang pahit, namun, jika dicermati kopi juga memiliki sifat asam. Jika kita mengonsumsinya dalam kondisi perut yang masih kosong, maka lambung akan segera memproduksi asam lambung dengan jumlah yang banyak sehingga memicu masalah asam lambung tinggi. Tak hanya memicu sensasi nyeri dan terbakar pada perut serta dada, asam lambung juga bisa memicu vertigo dan sindrom iritasi usus besar.

Selain bisa menyebabkan asam lambung tinggi, minum kopi saat perut masih dalam kondisi kosong juga bisa menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi. Hal ini disebabkan oleh sifat diuretik kopi yang membuat kita lebih sering buang air kecil. Hal ini justru membuat tubuh kesulitan untuk menyerap berbagai macam mineral seperti seng, magnesium, dan kalsium. Padahal, kekurangan berbagai mineral ini bisa memicu peningkatan risiko masalah kesehatan gigi dan tulang, memicu hipertensi, menyebabkan penyakit jantung, dan migrain.

Minum kopi saat perut masih dalam kondisi kosong juga bisa menyebabkan dehidrasi yang berimbas pada tubuh yang lemas, sakit kepala, atau bahkan jatuh pingsan. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat kita mengalami hambatan produksi hormon serotonin yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental. Kita juga akan sulit untuk berkonsentrasi saat melakukan berbagai macam hal.

Melihat adanya fakta ini, konsumsilah makanan terlebih dahulu sebelum minum kopi demi menghindari berbagai efek samping ini.