Minum Kopi Sebanyak Ini Bisa Turunkan Risiko Diabetes

efek-kopi-berlebihan-pada-wanita-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Tahukah Anda jika minum kopi ternyata cukup ampuh untuk menurunkan risiko terkena diabetes, salah satu penyakit yang paling berbahaya bagi manusia? Bagaimana bisa kopi bisa mencegah datangnya penyakit ini?

Fakta ini diungkap dalam sebuah penelitian yang berjudul The Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC). Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa jika kita minum tiga atau empat cangkir kopi dalam sehari, maka risiko untuk terkena diabetes bisa diturunkan hingga 25 persen.

“Penurunan risiko terkena diabetes tipe 2 ini tidak ada bedanya bagi laki-laki ataupun perempuan. Hal ini berarti, minum kopi memang bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa,” ungkap dr. Mattias Carlstrom yang berasal dari Karolinska Instituteti.

Mengapa kopi bisa memberikan manfaat kesehatan ini? Pakar kesehatan menyebut hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan di dalamnya yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang bisa menurunkan risiko diabetes.

Sayangnya, meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, pakar kesehatan menyebut kopi bisa saja menyebabkan datangnya masalah kesehatan jika dikonsumsi dengan sembarangan. Sebagai contoh, bagi sebagian orang, kandungan kafein di dalamnya bisa menyebabkan jantung berdebar-debar. Selain itu, ada pula orang yang mengalami gejala berupa naiknya asam lambung yang tentu akan membuat badan terasa sangat tidak nyaman.

Jika kita termasuk dalam orang yang tak bisa minum kopi karena mengalami gejala-gejala tersebut, kita masih bisa mencegah datangnya diabetes dengan cara lain, yakni dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Sebagai contoh, kita membatasi asupan makanan dan minuman kaya gula atau yang manis-manis karena makanan dan minuman ini jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang bisa saja menyebabkan datangnya diabetes.

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan rajin berolahraga dan tidur dengan cukup setiap malam. Rajin berolahraga bisa membantu proses pembakaran kalori yang tentu akan membantu berat badan tetap dalam kondisi ideal. Sebagaimana kita ketahui, berat badan yang berlebihan bisa menjadi pemicu datangnya diabetes. Selain itu, dengan tidur cukup, maka keseimbangan hormon tetap terjaga, termasuk hormon insulin yang jika sampai terganggu akan bisa menyebabkan diabetes.