Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Memicu Dehidrasi?

minum-kopi-pagi-doktersehat
Photo Source: Flickr/davidpacey1975

DokterSehat.Com– Ada anggapan yang dipercaya oleh banyak orang, yakni minum kopi di pagi hari bisa memicu dehidrasi. Padahal, banyak orang yang sengaja meminumnya saat pagi karena ingin menghilangkan rasa kantuk atau menambah semangat. Sebenarnya, apakah benar jika minum kopi di pagi hari bisa menyebabkan datangnya dehdrasi?

Kaitan Antara Minum Kopi dengan Risiko Dehidrasi

Salah satu efek samping dari mengonsumsi kopi adalah bisa memicu efek diuretik yang ringan. Hal ini akan membuat kita lebih sering melakukan buang air kecil dan menurunkan kadar natrium serta air di dalamnya. Bahkan, ada sebagian pakar kesehatan yang menyebut kafein bisa mempengaruhi ginjal meskipun hal ini sebenarnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Jika kita minum kopi dalam jumlah yang berlebihan, maka ginjal pun secara otomatis akan membuang kelebihan garam dari dalam tubuh, termasuk yang ada di dalam darah. Cairan tubuh yang dikeluarkan juga cukup banyak. Hanya saja, dampak lebih sering buang air kecil ini belum tentu terjadi pada setiap orang.

Bagi mereka yang sudah terbiasa minum kopi, dampak lebih sering buang air kecil ini jarang terjadi. Sementara itu, bagi mereka yang jarang minum kopi, dampak ini bisa saja terasa.

Meskipun begitu, pakar kesehatan menyebut dampak lebih sering buang air kecil ini tidak akan begitu besar bagi kadar cairan tubuh. Hal ini berarti, anggapan bahwa minum kopi di pagi hari bisa menyebabkan dehidrasi tidaklah benar, apalagi jika kita juga mencukupi asupan air putih setiap hari.

Pengecualian bisa terjadi jika kita mengonsumsi kopi dalam jumlah lebih dari 4 cangkir setiap hari. Tingginya kadar kafein yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat frekuensi buang air kecil meningkat drastis dan hal ini bisa saja berimbas pada dehidrasi.

Karena alasan inilah sebaiknya kita membatasi konsumsi kopi maksimal dua atau tiga cangkir saja setiap hari demi mencegah efek samping dari minuman ini.

Berbagai Efek Samping Minum Kopi

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, minum kopi dengan berlebihan bisa memberikan efek samping bagi kesehatan.

Berikut adalah efek-efek samping tersebut.

  1. Mengalami Kecemasan

Banyak orang yang terbiasa untuk minum kopi saat sedang bekerja keras. Tujuannya adalah demi menambah semangat, namun pakar kesehatan menyebut hal ini bisa jadi akan membuat kita merasa cemas akibat kemampuan kafein dalam membuat kita lebih waspada. Sensasi cemas ini tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman, bukan?

  1. Menyebabkan Sakit Perut

Bagi sebagian orang, minum kopi bisa menyebabkan efek sakit perut dan keinginan untuk buang air besar. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam minuman ini yang bisa memicu kontraksi pada usus. Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan peningkatan produksi asam lambung yang bisa memicu masalah asam lambung tinggi.

  1. Membuat Jantung Berdebar-Debar

Sebagian orang mengalami gejala jantung berdebar-debar setelah minum kopi. Efek samping lain yang bisa didapatkan dari hal ini adalah kepala pusing dan tidak nyaman. Jika kita mengalaminya, sebaiknya menurunkan asupan kopi atau bahkan sebaiknya benar-benar menghindarinya untuk sementara waktu.

  1. Diare

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kandungan di dalam kopi bisa menyebabkan keinginan buang air besar. Bahkan, ada yang sampai terkena diare akibat hal ini. Jika diare berlangsung cukup parah, sebaiknya untuk sementara waktu menghindarinya.

  1. Gangguan Tidur

Sebagian orang mengalami gejala susah tidur jika minum kopi di malam hari, khususnya di dekat waktu tidur. Hal ini disebabkan oleh terganggunya hormon yang bisa membuat kita mengantuk setelah meminumnya.

 

Sumber:

  1. 2019. Does coffee actually dehydrate you?. timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/does-coffee-actually-dehydrate-you/articleshow/71479020.cms. (Diakses pada 10 Oktober 2019).