Bolehkah Minum Kopi dan Teh Dalam Waktu yang Berdekatan?

Kopi-atau-teh-puasa-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Kadangkala kita mengonsumsi kopi dan teh dalam waktu yang berdekatan. Biasanya, hal ini dilakukan saat kita mengobrol bersama dengan teman-teman atau saat sedang bekerja. Kopi dianggap bisa menghilangkan rasa kantuk dan teh dianggap bisa menyegarkan pikiran yang sedang penat sehingga terkadang dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan. Sebenarnya, apakah hal ini berbahaya untuk dilakukan?

Teh memiliki kandungan theobromin dan kopi mengandung kafein. Theobromin mampu mencegah datangnya penyakit jantung dengan cara membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar sehingga membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Sementara itu, kafein mampu membuat kita menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Meskipun bisa memberikan manfaat kesehatan, sebagian orang menyebut mengonsumsi kopi dan teh dalam waktu yang bersamaan dikhawatirkan bisa memicu overdosis kafein. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kafein di dalam kedua minuman tersebut.

Menurut pakar kesehatan, kemungkinan overdosis ini baru bisa terjadi jika kita mengonsumsi kafein dengan berlebihan. Menurut pakar kesehatan, kondisi ini baru terjadi jika kita mengonsumsinya lebih dari 200-300 mg setiap hari. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak mengonsumsi kedua jenis minuman ini dengan berlebihan setiap hari.

Dalam realitanya, kafein memang bisa membuat kita kecanduan. Karena alasan inilah kita bisa memiliki keinginan untuk mengonsumsi kopi atau teh setiap hari dan seperti bergantung dengan minuman ini demi menghilangkan kantuk atau menyegarkan pikiran. Meskipun begitu, asalkan kita bisa mengatur konsumsi teh atau kopi agar tidak berlebihan, maka kita boleh-boleh saja mengonsumsi kedua minuman ini setiap hari, termasuk dalam waktu yang berdekatan.