Minum Kopi Berlebihan Bisa Picu Asam Lambung

kopi_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/ikarusmedia

DokterSehat.Com– Erwanto, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Dalam Indonesia (PAPDI) Bogor menyebut kopi sebagai salah satu minuman yang kaya akan nutrisi menyehatkan. Sayangnya, kebiasaan minum kopi sebagian besar orang yang sembarangan akhirnya membuat kopi justru bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Erwanto menyebut ada dua kelompok penikmat kopi, yakni penikmat normal dan yang tidak normal. Para penikmat kopi yang normal justru mengalami manfaat kesehatan dan kebugaran setelah mengonsumsinya.

Biasanya, mereka yang ada di kelompok ini meminum kopi satu atau dua cangkir saja dalam sehari. Sementara itu, mereka yang ada di kelompok tidak normal justru mengalami masalah gangguan tidur, kenaikan tekanan darah, dan peningkatan risiko terkena penyakit jantung akibat mengonsumsinya secara berlebihan setiap hari.

Mengonsumsi kopi dengan sembarangan atau berlebihan juga bisa merusak kesehatan lambung. Hal ini disebabkan oleh kopi yang memang bersifat asam sehingga bisa menyebabkan efek ini.

Lantas, apakah hal ini berarti kita tidak bisa mengonsumsi kopi? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa memilih kopi yang tepat seperti yang berjenis kopi Luwak. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang sangat rendah setelah diproses di dalam tubuh Luwak. Hanya saja, kopi Luwak yang dianggap aman untuk dikonsumsi juga sebaiknya yang berkualitas dan higienis.

Jika kita sampai minum kopi hingga lima cangkir atau lebih dalam sehari, maka risiko untuk mengalami gangguan kesehatan seperti jantung berdebar-debar, ketidakteraturan denyut jantung, munculnya keringat berlebihan, hingga gangguan tidur, maka hal ini sudah bisa dianggap sebagai hal yang berlebihan.

Di sebagian besar negara-negara Eropa, kedai kopi ternyata sudah tutup setelah pukul 19.00 malam. Hal ini tentu sangat berbeda di Indonesia dimana kedai kopi justru ramai pada jam-jam tersebut atau setelahnya. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan minum kopi di waktu yang terlalu malam ternyata dianggap bisa menjadi pemicu datangnya kecanduan.

Meski memiliki rasa yang nikmat dan bisa membuat pikiran lebih segar dan terbebas dari stres, minum kopi ternyata memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Selain itu, pastikan untuk membatasi konsumsinya setiap hari demi membuat tubuh tetap sehat.