Terbit: 19 September 2018 | Diperbarui: 20 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar saran dari banyak orang yang menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi jus jeruk atau buah jeruk setelah menyikat gigi karena membuat kita tidak bisa menikmatinya. Rasa dari buah jeruk atau jus jeruk ini tidak lagi manis, melainkan pahit, hambar, atau terasa aneh. Sebenarnya, apa sih penyebab dari perubahan rasa ini?

Minum Jus Jeruk Setelah Sikat Gigi Kok Rasanya Jadi Pahit?

Pakar kesehatan menyebut hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan kondisi pada lidah setelah kita menyikat gigi. Sebagai informasi, pada permukaan lidah terdapat membran sel yang sangat sensitif dengan rasa dari berbagai makanan yang kita konsumsi.

Saat kita menyikat gigi, busa pasta gigi yang memiliki kandungan sodium lauryl sulphate yang berfungsi untuk menghancurkan molekul lemak ternyata bisa merusak kinerja dari membran sel perasa ini.

“Kandungan dari dalam pasta gigi ini membuat kita kehilangan kemampuan untuk mengecap sensasi manis dan bahkan menambah sensasi pahit pada rasa asam,” ucap Linda Bartoshuk dari University of Florida.

Saat kita mengonsumsi makanan asam seperti buah jeruk atau jus jeruk setelah menyikat gigi, terdapat zat yang melekat pada lidah yang bernama miraculin. Zat ini tidak benar-benar memberikan efek perubahan rasa selain saat kita mengonsumsi makanan asam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Saat terpapar zat asam, kadar pH pada lidah akan menurun dengan drastis  sehingga membuat kita mengalami sensasi perubahan rasa dengan signifikan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak lagi mengonsumsi makanan setelah menyikat gigi, apalagi sikat gigi yang dilakukan sebelum tidur. Jika kita makan lagi, maka dikhawatirkan akan terjadi lagi penumpukan sisa makanan di sela-sela gigi yang bisa menjadi sumber makanan bakteri jahat penyebab penyakit gigi dan mulut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi