Minum Jeruk Setelah Makan Udang Bisa Berbahaya?

manfaat-udang-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah kepercayaan yang diyakini oleh masyarakat, yakni kebiasaan mengonsumsi minuman jeruk setelah mengonsumsi udang bisa menyebabkan dampak yang fatal bagi kesehatan. Sebenarnya, apakah kepercayaan ini sesuai dengan fakta medis?

Mitos kesehatan ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa mengonsumsi udang yang memiliki kandungan arsenik bisa memberikan reaksi yang tidak baik bagi tubuh jika sampai tercampur dengan kandungan vitamin C di dalam minuman jeruk. Sebagai informasi, arsenik memang cenderung mudah untuk ditemui di berbagai makanan laut seperti udang, kerang, cumi, dan beberapa jenis ikan meskipun jumlahnya biasanya tidak terlalu tinggi. Hanya saja, jika sampai kita mengonsumsi arsenik dalam jumlah banyak, maka risiko untuk mengalami efek buruk seperti keracunan makanan pun akan meningkat.

Beberapa jenis gejala keracunan makanan yang disebabkan oleh kombinasi dari arsenik dan vitamin C sebagaimana yang diyakini oleh masyarakat adalah mual dan muntah, sakit perut yang parah hingga menyebabkan kram perut, diare parah, kesemutan, hingga munculnya kejang-kejang. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa kebiasaan minum jeruk setelah makan udang bisa menyebabkan kematian!

Meski penjelasannya terlihat meyakinkan, dalam realitanya hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kebiasaan mengonsumsi udang dan minuman bervitamin C bisa menyebabkan masalah kesehatan atau bahkan kematian. Selain itu, belum ditemukan kasus keracunan makanan akibat kebiasaan ini.

Pakar kesehatan juga menyebutkan kandungan arsenik di dalam air laut ternyata sangat rendah, yakni hanya 1-2 mikrogram di setiap liternya. Padahal, telah ada penelitian yang menunjukkan fakta bahwa asupan arsenik yang bisa membahayakan kesehatan adalah 70 hingga 200 mg. Udang tidak memiliki kandungan arsenik sebanyak itu. Selain itu, vitamin C juga tidak memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar arsenik di dalam tubuh sama sekali sehingga bisa dipastikan bahwa hal ini adalah hoaks yang tidak sesuai dengan fakta medis.

Meski kaya akan kolesterol, asalkan kita mengonsumsi udang dengan porsi yang tepat dan tidak terlalu sering, maka kita pun akan mendapatkan manfaat kesehatan. Selain itu, jika kita minum jeruk yang kaya akan vitamin C, maka kita pun bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.