DokterSehat.Com– Selama ini, Anda tahu bahwa kita harus minum air 8 gelas air per hari untuk mencukupi cairan di dalam tuhuh. Tapi, The Institute of Medicine (IOM), seperti dilansir dari Medical New Today, saat ini merekomendasikan bahwa pria harus minum setidaknya 104 ons air per hari, atau 13 gelas. Sementara wanita harus minum setidaknya 72 ons, atau 9 gelas. Meski begitu, jawaban untuk persis berapa banyak air yang harus Anda minum tidak begitu sederhana.



Rekomendasi Minum Air

Sementara aturan 8 gelas adalah awal yang baik, itu tidak didasarkan pada informasi yang padat dan diteliti dengan baik. Berat badan kita terdiri dari 60 persen air. Setiap sistem di dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi. Asupan yang Anda rekomendasikan didasarkan pada faktor-faktor termasuk jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas, dan lainnya, seperti jika wanita sedang hamil atau menyusui.

Asupan Air untuk Orang Dewasa

Rekomendasi IOM saat ini untuk orang berusia 19 tahun ke atas adalah sekitar 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita. Ini adalah asupan cairan Anda secara keseluruhan per hari, termasuk apa pun yang Anda makan atau minum yang mengandung air di dalamnya, seperti buah atau sayuran.

Dari jumlah ini, pria harus minum sekitar 13 gelas dari minuman. Sementara untuk wanita 9 gelas.

Asupan Air untuk Anak-Anak

Rekomendasi untuk anak-anak banyak berkaitan dengan usia. Anak perempuan dan anak laki-laki antara usia 4 dan 8 tahun harus minum 40 ons per hari, atau lima gelas. Jumlah ini meningkat menjadi 56 hingga 64 ons, atau 7 hingga 8 gelas, pada usia 9 hingga 13 tahun. Untuk usia 14 hingga 18 tahun, asupan air yang disarankan adalah 64 hingga 88 ons, atau 8 hingga 11 gelas.

Asupan Air untuk Wanita Usia Reproduktif

Jika ibu hamil atau menyusui, rekomendasi Anda berubah. Wanita hamil dari segala usia harus meminum 80 ons, atau 10 gelas air setiap hari. Wanita menyusui mungkin perlu meningkatkan asupan air hingga 104 ons, atau 13 gelas.

Pertimbangan Lain

Anda mungkin juga perlu minum lebih banyak air jika Anda tinggal di iklim panas, sering berolahraga, atau mengalami demam, diare, atau muntah.

Tambahkan 1,5 hingga 2,5 gelas air setiap hari jika Anda berolahraga. Anda mungkin perlu menambahkan lebih banyak lagi jika Anda bekerja lebih dari satu jam.

Anda mungkin membutuhkan lebih banyak air jika Anda tinggal di iklim yang panas.
Jika Anda tinggal di ketinggian lebih dari 8.200 kaki di atas permukaan laut, Anda mungkin juga perlu minum lebih banyak.

Ketika Anda mengalami demam, muntah, atau diare, tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan dari biasanya, jadi minum lebih banyak air. Dokter Anda mungkin menyarankan untuk menambahkan minuman dengan elektrolit untuk menjaga keseimbangan elektrolit Anda lebih stabil.

Pentingnya Air untuk Tubuh

Air penting untuk sebagian besar proses yang dilalui tubuh Anda dalam sehari. Ketika minum air, Anda mengisi kembali cairan yang hilang. Tanpa air yang cukup, tubuh dan organ-organ Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat air minum meliputi:

  • Menjaga suhu tubuh Anda dalam kisaran normal
  • Pelumas dan bantalan sendi Anda
  • Melindungi tulang belakang dan jaringan lainnya
  • Membantu Anda menghilangkan limbah melalui urine, keringat, dan gerakan usus

Minum air yang cukup juga dapat membantu Anda melihat yang terbaik. Misalnya, air membuat kulit Anda tampak sehat. Kulit adalah organ terbesar tubuh Anda. Ketika Anda minum banyak air, Anda tetap sehat dan terhidrasi. Dan karena air mengandung nol kalori, air juga bisa menjadi alat yang sangat baik untuk mengatur berat badan Anda.

Kiat Minum Cukup Air

Anda mungkin dapat memenuhi asupan air dengan minum ketika Anda haus dan dengan makanan Anda. Jika Anda memerlukan bantuan ekstra meminum cukup air, berikut kiat-kiat untuk minum lebih banyak:

  • Cobalah membawa botol air ke mana pun Anda pergi, termasuk di sekitar kantor, di tempat gym, dan bahkan di perjalanan.
  • Fokus pada cairan. Anda tidak perlu minum air putih untuk memenuhi kebutuhan hidrasi Anda. Sumber cairan lain yang baik termasuk susu, jus buah murni, teh, dan kaldu.
  • Hindari minuman manis. Meskipun Anda bisa mendapatkan cairan dari soda, jus, dan alkohol, minuman ini memiliki kandungan kalori yang tinggi.
  • Minum air saat makan. Minumlah segelas air bukannya memesan minuman lain. Anda dapat menghemat uang dan menurunkan total kalori dari makanan Anda.
  • Tambahkan sedikit rasa ke air Anda dengan memeras lemon segar atau air jeruk nipis.
  • Jika Anda pekerja keras, pertimbangkan untuk meminum minuman olahraga yang mengandung elektrolit untuk membantu mengganti cairan yang hilang akibat berkeringat.