Benarkah Kebiasaan Minum Air Dingin Bisa Bakar Kalori?

DokterSehat.Com– Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia, yakni kebiasaan mengonsumsi air dingin bisa membuat badan menjadi lebih gemuk. Padahal, air dingin telah menjadi hal yang dibutuhkan masyarakat Tanah Air demi mengatasi suhu udara yang sangat panas, khususnya di siang hari. Menariknya, ada anggapan lain yang justru sangat kontras dengan kepercayaan masyarakat yang disebutkan sebelumnya, yakni rajin minum air dingin bisa membantu proses pembakaran kalori menjadi lebih maksimal. Sebenarnya, anggapan mana yang lebih tepat?

Dilansir dari Pop Sugar, pakar kesehatan menyebut proses pembakaran kalori saat kita minum air ternyata sangat rendah, yakni hanya empat hingga tujuh kalori saja untuk setiap gelas yang kita minum. Hal ini berarti, anggapan bahwa minum air bisa membakar kalori bisa kita anggap sebagai informasi yang tidak tepat. Hanya saja, pakar kesehatan Jacqueline Schaffer, MD dari Amerika Serikat menyebut ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsi air dingin.

“Minum air dingin mampu membuat sirkulasi darah di permukaan kulit menjadi semakin lancar. Hal ini tentu berperan besar bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Selain itu, jika kita meminumnya saat berolahraga, maka kondisi dehidrasi bisa diturunkan dengan lebih cepat dan rasa lelah pun bisa berkurang,” ungkap Schaffer.

Alih-alih memperhatikan suhu air, Schaffer justru lebih menekankan kebiasaan minum air kita setiap hari. Ia menyarankan kita untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih, yakni sekitar 8 gelas setiap hari demi mencegah datangnya dehidrasi dan membantu berbagai sistem di dalam tubuh melakukan kinerjanya dengan maksimal.

“Jika kita sampai mengalami dehidrasi, maka tubuh akan terasa lelah. Hal ini bisa berimbas pada gangguan emosional seperti mudah marah dan gangguan fisik seperti kram otot, kepala pusing, hingga melambatnya sistem metabolisme tubuh. Kuncinya lebih ke seberapa banyak air putih yang kita minum,” pesan Schaffer.

Air dingin memang dipastikan tidak membakar kalori dengan signifikan, namun, jika kita terbiasa mengonsumsi air dingin yang kaya akan gula seperti teh manis, minuman kemasan, hingga minuman dingin lain yang dijual di pinggir jalan maka, kita pun akan mengonsumsi kalori dengan berlebihan. Hal ini justru akan membuat kita menaikkan berat badan.