Amankah Minum Air Putih Secara Berlebihan?

DokterSehat.Com– Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita sangat membutuhkan kehadiran air putih sebagai pencegah dehidrasi. Namun, selain itu masih ada banyak manfaat lain dari air putih yang harus Anda ketahui. Sebab, di dalam tubuh setiap orang sendiri, terdapat lebih dari 60 persen air putih yang memenuhi komposisi secara keseluruhan. Adapun beberapa manfaatnya antara lain seperti menyehatkan ginjal, usus, lambung, pencernaan, melancarkan sirkulasi udara dan darah, serta masih banyak lagi.

Dengan begitu, air putih sangatlah besar manfaatnya dan tidak boleh disepelekan. Umumnya, setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari. Bisa lebih dari itu jika aktivitas yang dilakukan sangat padat dan melelahkan, apalagi sampai menguras keringat yang cukup deras.

Namun, seberapa banyak batas maksimal kita dalam mengonsumsi air putih setiap hari? Bolehkan kita mengonsumsinya melebihi ukuran standar, yakni 8 gelas?

Perlu diketahui, bahwa apapun yang berlebihan memang tidak baik, misalnya makan ataupun minum. Dilansir dari laman Asia One, sebenarnya ada beberapa efek samping yang ditimbulkan jika tubuh terlalu banyak minum air putih. Namun, efek tersebut bukanlah efek yang mengkhawatirkan. Hanya saja, jika dibiarkan dan terus dilakukan, dampaknya cukup buruk bagi kesehatan serta tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Masalah dan efek samping tersebut mulai dari rasa mual, kembung, sakit kepala, urin berubah warna, kram otot, dan lelah. Seluruh efek samping tersebut akan Anda rasakan secara berangsung-angsur. Kabar buruknya jika efek tersebut dirasakan dalam satu waktu, yang artinya Anda akan mengalami beberapa keluhan tubuh sekaligus.

Hal ini sering terjadi ketika seseorang yang terlalu terobsesi dengan gaya hidup sehat. Biasanya, orang tersebut sangat peduli dengan kesehatannya dan menganggap air putih adalah hal yang santa penting. Oleh karenanya, obsesi tersebut menjadikannya termotivasi untuk mengonsumsi air secara berlebihan. Maka dari itu, ada baiknya kita agar mengonsumsi makanan atau minuman sewajarnya saja tanpa harus berlebihan.