Inilah 7 Tips Memilih Miniset Anak untuk Pertama Kali

memilih-miniset-anak-doktersehat

DokterSehat.Com – Tak terasa waktu terus berlalu, tanpa sadar kini gadis kecil Anda telah tumbuh menjadi remaja baru yang sudah membutuhkan miniset. Hal ini menunjukkan bahwa Putri Anda sudah mulai memasuki masa pubertas. Oleh karena itu, berikanlah dukungan terbaik dalam rangka mempersiapkannya memasuki masa pubertas.

Selamat datang pubertas!

Saat putri Anda mencapai usia pubertas, tubuhnya akan mulai mengalami perubahan. Perubahan ini menandai awal perkembangannya dari seorang gadis ke seorang wanita. Secara alami, anak perempuan yang berusia antara 8 dan 13 tahun akan mengalami perubahan hormon.

Perubahan hormon tersebut akan membuat perubahan fisik pada putri Anda. Tubuhnya akan tumbuh menjadi lebih tinggi. Payudaranya mengalami perkembangan yakni semakin besar. Ketika payudara mulai berkembang, payudara putri Anda akan muncul sebagai tonjolan kecil, keras, dan mungkin lunak di bawah puting, yang disebut “tunas payudara”.

Selain payudara, putri Anda akan mengalami perubahan fisik lainnya. Dia akan segera mengalami masa menstruasi. Selanjutnya, pada ketiak dan kemaluannya akan tumbuh rambut-rambut halus. Semua perubahan yang sedang dialaminya ini pasti membuat perasaannya menjadi tidak stabil.

Ambilah kesempatan ini sebagai kesempatan ikatan antara ibu dan anak perempuannya. Tenangkanlah putri Anda dengan perubahannya yang sedang dialaminya itu. Berikanlah pengertian bahwa perubahan tersebut bukanlah sebuah hal yang salah akan tetapi itu adalah sebuah proses alami yang pasti akan dilalui oleh semua wanita.

Anda bisa menceritakan pengalaman Anda pada masa itu sehingga putri Anda bisa mengambil pelajaran positif dari Anda. Selain itu, Anda juga harus selalu siap menjadi sahabat dekatnya yang setia mendengarkan curhatannya sebagai efek dari perubahannya.

Kapan waktu yang tepat memakai miniset?

Setiap anak gadis akan mengalami masa pubertas dan mulai mengembangkan tunas payudara. Pada saat tunas payudaranya mulai tumbuh, putri Anda akan merasa tidak nyaman saat tengkurap dan berlari. Mungkin pada saat itu, dia masih belum menyadari bahwa payudaranya sudah mulai berkembang menuju payudara wanita dewasa.

Dan ketika tunas payudaranya semakin tumbuh, anak Anda baru menyadari akan perkembangan payudaranya. Pastinya, dia akan segera melaporkan hal ini kepada Anda dan bertanya beberapa hal yang membuatnya bingung.

Pada masa ini mungkin menjadi waktu yang membingungkan dan canggung bagi putri Anda dan Anda ketika mulai menyadari ada benjolan yang nyata di bawah bajunya. Nah, pada saat ini merupakan waktu yang tepat bagi putri Anda untuk segera memakai miniset.

Beberapa jenis bra untuk anak

Ada begitu banyak jenis bra yang bisa dipilih, tetapi pada akhirnya Anda harus membeli bra kecil yang membuat putri Anda merasa nyaman mengenakan dan menyukai penampilannya. Berikut ini panduan untuk berbagai jenis bra yang cocok untuk gadis muda:

Kamisol atas

Apabila putri Anda memiliki tunas payudara yang lebih kecil, kamisol pendek atau panjang akan membantunya memberikan sedikit cakupan namun tidak terlihat di bawah pakaiannya sehingga dia tidak terlalu merasa aneh. Pilihlah bahan yang stretch dan nyaman dipakai olehnya.

Bralette

Ini adalah bra pelatihan yang cukup tradisional yang biasanya terbuat dari katun elastis dan tidak memiliki kait, gesper atau kawat, sehingga cukup sederhana namun cukup nyaman bagi mereka yang baru saja mulai mengenakan bra seperti putri Anda. Bahan yang digunakan biasanya memiliki renda-renda.

Bra olahraga

Ini adalah pilihan bra yang umum karena jenis bra tersebut menawarkan dukungan yang lebih kuat serta kenyamanan dan juga baik bagi mereka yang telah memiliki dada lebih besar. Tunas payudara yang masih kecil tidak cocok menggunakan jenis bra ini.

Bra busa

Bra busa adalah bra yang memiliki efek tonjolan yang lebih besar dibanding jenis bra sebelumnya. Bra busa cocok dipakai untuk anak Anda saat tunas payudaranya lebih besar lagi sehingga ia merasa pas dengan ukurannya. Bra busa ini adalah jenis bra untuk anak yang sangat dekat dengan tipe bra untuk wanita dewasa.

Di manakah letak perbedaan miniset dan bra?

Apa sih perbedaan miniset dan bra? Mungkin ada di antara Anda yang masih bingung mengenai hal tersebut. Secara sederhana, miniset adalah bra awalan yang biasanya dipakai oleh anak perempuan berusia antara 8-13 tahun.

Sedangkan bra atau bh adalah semua jenis pakaian dalam yang berfungsi untuk menutupi bagian payudara dan mencegah payudara menjadi kendur. Jadi, miniset itu sebenarnya adalah bagian dari bra dalam arti luas walau masyarakat sering istilah bra untuk jenis bra bagi wanita dewasa.

Tips memilih miniset anak untuk pertama kali

Mungkin Anda masih terkejut dengan perubahan bentuk fisiknya. Abaikanlah hal itu untuk sementara waktu, putri Anda sedang membutuhkan miniset dengan cepat. Anda harus segera membelikannya miniset anak. Tibalah saat bagi putri Anda dan Anda membeli miniset anak untuk pertama kalinya.

Biasanya, pengalaman membeli miniset anak untuk pertama kali terasa menakutkan dan gugup. Ibu dan putrinya sering merasa bingung memilih miniset atau bra pelatihan. Emosi yang tidak stabil ini membuat pembelian miniset untuk pertama kalinya menjadi kurang cocok atau tidak memuaskan.

Berikut ini 7 tips memilih miniset anak untuk pertama kalinya:

1. Tentukan di mana Anda akan membeli

Sebelum pergi ke luar rumah untuk membeli miniset anak, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu di mana Anda akan membeli miniset untuk putri Anda. Hal ini bisa mencegah kebingungan yang berujung pada kesalahan membeli miniset untuk pertama kalinya.

2. Tentukan jenis bra untuk anak/ miniset yang ingin dibeli

Setelah Anda menentukan lokasi pembelian miniset, tentukanlah jenis miniset anak yang ingin dibeli. Dengan begitu, Anda sudah memiliki bayangan dan tidak perlu bingung lagi memikirkannya saat tiba di lokasi pembelian miniset.

3. Tentukan jumlah miniset anak yang dibutuhkan

Satu lagi, hal yang harus ditentukan adalah jumlah miniset yang dibutuhkan. Selain mencegah kekurangan miniset nanti, tips ini juga mencegah Anda dari keborosan. Baiknya, dalam sehari anak Anda membutuhkan 2 buah miniset. Jadi, dalam seminggu, dia membutuhkan 14 buah miniset. Sesuaikan juga dengan frekuensi Anda mencuci pakaian.

4. Dapatkan ukuran yang tepat

Apakah Anda ingat mengenakan bra pertama atau miniset Anda yang dibelikan oleh ibu Anda tanpa sepengetahuan Anda. Lalu setelah Anda memakainya, ternyata miniset tersebut tidak sesuai dengan ukuran Anda. Bisa jadi kebesaran atau kekecilan sehingga kurang nyaman dipakai.

Hal ini dikarenakan Anda tidak diajak ke toko bersama ibu Anda untuk membeli miniset anak tersebut. Pastinya Anda tidak mau kan putri Anda merasakan ketidaknyamanan ini. Oleh karena itu ajaklah anak Anda bersama-sama ke toko dan dapatkanlah ukuran yang pas.

5. Carilah miniset anak berbahan lembut

Selain ukuran yang tepat, putri Anda juga berhak mendapatkan miniset anak dengan bahan yang lembut sehingga nyaman dipakai. Selain lembut, dapatkanlah miniset anak dengan bahan yang menyerap keringat dan tidak gatal.

6. Teliti tingkat kekencangannya

Miniset anak yang baik memiliki tingkat kekencangan yang pas yakni tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendur. Anda juga perlu mengamati dan bertanya tentang ketahanan karet di bagian bawah miniset kepada penjaga toko.

7. Perhatikan transparansi

Penting juga bagi Anda sebagai orang tua untuk memperhatikan transparansi bahan dari miniset yang hendak dibeli. Anda bisa mengujinya dengan meletakkan tangan Anda di bawah bahan miniset tersebut dan arahkan ke arah cahaya matahari lalu perhatikan. Apabila miniset itu tembus pandang sebaiknya jangan dibeli!