Terbit: 10 Februari 2021 | Diperbarui: 11 Februari 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Mimpi gigi copot sering diartikan sebagai peristiwa tidak menyenangkan yang bisa terjadi di kemudian hari. Padahal mimpi hanyalah cara otak memproses peristiwa dalam hidup dan terkadang mimpi menunjukkan dorongan bawah sadar. Simak penjelasan arti mimpi gigi copot kaitannya dengan kondisi kejiwaan.

11 Arti Mimpi Gigi Copot (Terkait dengan Gangguan Psikologis)

Mimpi Gigi Copot dalam Pandangan Ilmu Psikologi

Para ahli menyatakan bahwa mimpi terjadi karena aktivitas listrik otak dan tidak berperan dalam memprediksi masa depan. Satu penelitian menemukan bahwa mimpi lebih berasal dari imajinasi daripada dari persepsi. Terdapat banyak teori yang berhubungan dengan mimpi, namun tidak ada penjelasan pasti untuk memahami proses fisiologis selama mimpi.

Meskipun makna mimpi sangat subjektif, beberapa pakar mencoba mencoba menafsirkan fenomena mimpi gigi copot, di antaranya:

1. Rasa Rendah Diri

Jika Anda merasa malu atau rendah diri akhir-akhir ini, dan hal itu memengaruhi harga diri secara keseluruhan, hal itu bisa muncul dalam bentuk mimpi terkait gigi. Arti mimpi gigi copot sering kali merupakan pertanda tentang hilangnya kekuatan pribadi. Gangguan ini bisa dipicu dari dalam diri atau karena kesalahan yang dilakukan pada orang lain.

Jika demikian, mungkin inilah saatnya untuk menjadi sedikit lebih tegas dalam kehidupan nyata, hal ini berguna untuk melihat apakah terdapat perbedaan dalam mimpi yang Anda alami. Memahami kebutuhan diri sendiri membuat Anda dapat memiliki kekuatan dan lebih memegang kendali.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

2. Khawatir Tentang Perkataan yang Salah

Mimpi gigi tanggal juga dapat diartikan sebagai rasa takut untuk mengatakan sesuatu yang memalukan atau sesuatu yang tidak tepat. Arti mimpi gigi copot bagian atas depan diikuti dengan bagian bawah secara dramatis, membuat interpretasi ini bisa sangat masuk akal.

Apakah Anda memiliki rencana untuk kencan dengan seseorang yang Anda suka? Jika demikian, jenis mimpi ini mungkin muncul dari alam bawah sadar. Guna meredakan kekhawatiran, persiapkan diri sebaik mungkin agar Anda dapat menjalani situasi dengan perasaan lebih percaya diri.

3. Terdapat Anggota Keluarga yang Sakit

Mimpi gigi copot subuh atau di waktu-waktu lainnya juga menunjukkan kekhawatiran mendasar tentang kesehatan anggota keluarga. Jika seseorang yang Anda cintai sakit atau mendekati akhir hidupnya, mimpi Anda mungkin mulai mencerminkan hal itu.

Jika ini masalahnya, konsultasi dengan terapis dibutuhkan untuk membantu menenangkan pikiran. Segala jenis perubahan, terutama perubahan yang akan berdampak pada keluarga bisa jadi sulit untuk dilakukan.

Namun dengan menjalani terapi, Anda tidak hanya dapat berbicara tentang kekhawatiran, tetapi juga mempelajari cara-cara untuk menjaga diri selama masa-masa sulit.

4. Tidak Percaya Diri dengan Penampilan

Senyuman erat kaitannya dengan daya tarik, sehingga masuk akal jika mimpi tentang gigi copot atau kondisi gigi yang tidak terawat dapat menunjukkan masalah harga diri. Gigi dapat membantu menyampaikan citra daya tarik penting dalam permainan rayuan, itulah sebabnya mimpi gigi ini mungkin berasal dari ketakutan akan penolakan.

Senyuman Anda menunjukkan bagaimana Anda mampu menghadapi dunia. Senyuman yang tidak sempurna atau tidak tulus dapat mencerminkan perasaan yang sesungguhnya.

5. Bertambahnya Usia

Seorang peneliti menemukan bahwa wanita yang mengalami menopause dilaporkan sering mimpi tentang gigi, yang mungkin terkait dengan pemikiran tentang bertambahnya usia. Kekhawatiran ini kemudian masuk ke alam bawah sadar yang kemudian membuatnya menjadi lebih khawatir, itulah sebabnya Anda mungkin mengalami mimpi ini karena takut menjadi tua.

6. Kondisi Keuangan

Arti mimpi gigi copot bisa menandakan bahwa seseorang memiliki masalah dengan keuangan. Uang memiliki cara tersendiri membuat seseorang merasa aman, jadi kekurangan uang dapat memengaruhi kondisi alam bawah sadar. Jika Anda tidak memiliki cukup tabungan, kekhawatiran mungkin muncul dalam mimpi.

7. Mendapatkan Masukan dari Dokter Gigi

Saat kunjungan ke dokter gigi, Anda mungkin mendapatkan kritikan bahwa Anda tidak menjaga kesehatan mulut dengan baik. Namun jika kritik tersebut membuat Anda merasa buruk tentang kesehatan gigi, rasa malu tersebut mungkin akan muncul dalam mimpi.

Oleh karena itu, tingkatkan kesehatan gigi dan jenis mimpi ini kemungkinan besar akan memudar.

Baca Juga: 13 Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Kali Tidak Disadari

8. Mengambil Keputusan yang Besar

Arti mimpi gigi copot juga bisa melambangkan keputusan besar dalam hidup. Hal ini terkait dengan melepaskan atau mengatasi hambatan yang menjadi penentu keadaan.

Jika mimpi ini berulang dan membuat ketakutan, anggap itu sebagai isyarat untuk membuat keputusan tersebut untuk selamanya. Meskipun pilihan yang tepat tidak selalu jelas, terkadang Anda hanya perlu memilih salah satu supaya Anda tidak perlu memikirkannya lagi.

9. Meningkatkan Asupan yang Bergizi

Bermimpi gigi tanggal bisa menandakan bahwa Anda kekurangan gizi atau tidak mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Jika Anda tidak makan banyak makanan yang berbeda, masuk akal mengapa tubuh mungkin mencoba mengingatkan Anda dengan mimpi buruk saat tidur.

Meski begitu, artinya tidak selalu jelas. Saat Anda mengalami mimpi di mana gigi copot, simbolisme sering kali bersifat metafora dan merujuk pada kebutuhan pada keputusan yang harus dibuat atau tidak.

10. Ketidakmampuan Mengekspresikan Diri

Gigi juga bisa menjadi simbol komunikasi, sehingga jika Anda memimpikannya, mungkin terdapat masalah dalam mengekspresikan diri. Selain itu, gigi copot juga bisa berarti Anda sulit mengenali masalah yang dialami.

Mimpi buruk seputar gigi bisa hilang jika Anda menghadapi setiap masalah apa pun yang mengganggu dalam kehidupan nyata. Hal ini diperlukan agar Anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

11. Membuat Perubahan Hidup yang Besar

Apakah Anda akan membuat langkah besar dalam hidup? Misalnya memulai pekerjaan baru. Maka jangan heran jika Anda tertidur dan mimpi gigi copot atas bawah.

Secara umum, mimpi tentang gigi adalah cara pikiran bawah sadar untuk berkomunikasi dengan Anda saat tidur. Jadi buatlah jurnal mimpi untuk diri sendiri. Jika Anda merasa mimpi-mimpi ini adalah pertanda mengalami sesuatu yang lebih dalam, jangan ragu untuk menghubungi teman atau terapis untuk mendapatkan lebih banyak nasihat.

 

  1. Steber, Carolyn. 2019. 11 Things It Could Mean If Your Teeth Fall Out In Your Dreams. https://www.bustle.com/wellness/11-things-it-can-mean-if-your-teeth-fall-out-in-your-dreams-51957. (Diakses pada 10 Februari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi