Apa itu Mimpi Basah pada Pria?

Doktersehat-mimpi-basah
Photo Credit: Flickr.com/Eric_Do_

DokterSehat.Com РApa itu mimpi basah? mimpi basah adalah ejakulasi yang terjadi pada saat seorang pria tertidur. Hal ini umumnya terjadi karena pria bermimpi melakukan hubungan seksual. Mimpi basah sendiri biasanya dialami oleh mereka yang baru saja mengalami masa pubertas.

Penyebab mimpi basah sendiri adalah adanya produksi hormon testosteron yang terjadi pada masa pubertas. Dengan adanya hormon testosteron, maka remaja pria pun sudah memiliki kemampuan untuk mengeluarkan sperma dari organ vital dan bisa membuahi sel telur pada wanita di kemudian hari.

Pada masa pubertas, tubuh remaja mengalami beberapa perubahan secara alami. Sekitar usia 13 tahun, penis dan testis pada remaja pria mulai berkembang. Bersamaan dengan perubahan tersebut, remaja juga akan mengalami pertumbuhan rambut kemaluan yang makin tebal dan menyebar pada sekitar alat kelamin.

Selain itu, remaja pria juga biasanya akan mengalami perubahan suara dan mengalami pertumbuhan massa otot. Tinggi badan bertambah sekitar 7-8 cm per tahun. Di saat inilah, umumnya remaja pria mulai mengalami mimpi basah.

Perlu diketahui, cairan mani yang terkumpul pada tubuh yang tidak dikeluarkan pun akan membuat tubuh mencoba untuk melepaskannya dengan cara mimpi basah. Jadi, mimpi basah sebenarnya adalah hal yang sangat wajar terjadi pada pria dan bahkan beberapa remaja pria mengaku bisa mengalaminya cukup sering meskipun banyak orang yang mengaku hanya mengalami mimpi basah sekali saja seumur hidupnya.

Pada beberapa kasus tertentu, ada beberapa pria yang tidak pernah mengalami mimpi basah dan bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan kondisi tubuhnya. Namun, pakar kesehatan justru berkata jika hal ini adalah hal yang normal dan tidak ada hal yang salah pada organ vital Anda.

Selain itu, wanita juga bisa mengalami orgasme selama bermimpi dan juga mengalami mimpi basah meskipun frekuensinya cenderung jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan yang dialami oleh pria.

Apakah Mimpi Basah Hanya Muncul Saat Masa Pubertas Saja?

Salah satu tanda pubertas bagi remaja laki-laki yang perkembangan seksualnya baru dimulai adalah mimpi basah. Pada umumnya, sebagian besar remaja akan merasa malu jika kejadian ini diketahui oleh orang lain.

Ketika Anda masih remaja atau lajang, hal ini tentu tak akan terlalu menyulitkan karena hanya Anda sendiri yang tahu kalau Anda baru saja mengalami mimpi basah. Namun, beberapa orang dewasa yang telah menikah masih mengalami mimpi basah.

Pengalaman mimpi basah pada pria sangatlah bervariasi, hampir sebagian besar pria berusia 21-25 tahun yang belum menikah pasti mengalami mimpi basah. Pada umumnya pria berusia produktif, yaitu dari usia remaja hingga usia 30an, lebih sering mengalami mimpi basah. Namun pria yang berusia lebih tua juga masih bisa mendapat mimpi basah.

Salah satu yang menjadi penyebab mimpi basah adalah minimnya aktivitas seksual, terutama pada pria yang belum memiliki pasangan. Seberapa sering seorang pria mengalami mimpi basah diduga juga berkaitan dengan masturbasi. Secara umum, mimpi basah paling banyak dialami pria yang jarang melakukan masturbasi.

Meski mimpi basah merupakan hal yang umum terjadi pada pria, faktanya tidak semua pria akan mengalami mimpi basah. Terdapat beberapa pria yang jarang atau bahkan tidak pernah mengalami mimpi basah, walaupun sudah memasuki usia produktif.