Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berbeda dari sepuluh tahun yang lalu, industri kecantikan saat ini tengah berlomba-lomba untuk membuat produk yang dilengkapi dengan kandungan bahan-bahan alami. Tidak lagi bertumpu pada sejumlah zat kimia yang kerap menimbulka reaksi iritasi atau pun alergi, banyak produsen produk perawatan kulit yang berusaha mencari zat-zat aktif terbaru dari bahan-bahan alami.

Milk Thistle, Referensi Bahan Herbal untuk Merawat Kulit

Salah satu bahan yang tengah menjadi perbincangan karena khasiatnya yang beragam untuk kulit adalah Milk Thistle. Milk Thistle sendiri merupakan salah satu tanaman berbunga yang memiliki kandungan zat aktif yang beragam dan mampu menjadikan kulit seperti berikut.

1. Membersihkan Kulit dari Zat Toksin

Salah satu khasiat dari Milk Thistle yang disampaikan oleh laman Karmic Nature adalah sebagai detoksifier. Peran Milk Thistle yang demikian akan membantu kulit mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh. Kondisi tersebut tentu saja akan menjadikan kulit menjadi lebih sehat. Apalagi seperti yang telah diketahui sebelumnya, penumpukan zat racun di dalam tubuh akan memicu sejumlah masalah kesehatan, tidak terkecuali dengan kulit. Zat-zat racun yang menumpuk juga akan membuat kulit lebih rentan terserang jerawat, eksim hingga psoriasis.

2. Kulit Lebih Bercahaya

Selain ampuh mencegah sejumlah penyakit kulit, peran Milk Thistle sebagai detoksifier ternyata juga membantu menjaga kebersihan permukaan kulit. Tidak heran jika permukaan kulit akan tampak lebih bersih. Bahkan penggunaan ekstrak Milk Thistle sebagai bahan baku perawatan kulit secara teratur akan menjadikan kulit tampak lebih bercahaya dan lebih radian.

Lebih lanjut, pemakaian dalam jangka waktu lama juga dapat menjadikan kulit wajah lebih merona secara alami. Anda yang memiliki masalah dengan flek hitam pun juga tidak perlu khawatir. Pasalnya, Milk Thistle juga mengandung antioksidan yang ampuh membantu melindungi kulit dari serangan sinar matahari yang mampu meningkatkan produksi melanin. Bisa dikatakan jika Milk Thistle akan membantu memudarkan flek-flek hitam pada kulit serta membantu mengembalikan kekencangan kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Ekstrak dari Milk Thistle sendiri saat ini lebih banyak diolah dalam bentuk minyak esensial. Produk tersebut terbilang lebih mudah digunakan karena dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya. Anda pun juga dapat mengaplikasikan minyak esensial dari Milk Thistle pada kulit kepala dan rambut untuk mendapatkan rambut yang sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi