Gara-Gara Kebiasaan Ini, Generasi Milenial Rentan Terkena Maag

ciri-ciri-maag-kronis-doktersehat

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebut anak muda, khususnya generasi milenial lebih rentan terkena penyakit maag. Hal ini ternyata disebabkan oleh kebiasaan makan yang semakin memburuk, khususnya dalam hal sering telat makan dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Sebagai contoh, anak muda masa kini suka dengan mie instan yang memang memiliki banyak variasi rasa yang menarik. Selain itu, kita juga cenderung suka dengan seblak atau makanan dengan rasa super pedas lainnya.

Beberapa jenis minuman seperti es kopi susu, minuman bersoda, dan minuman dengan kadar pemanis yang tinggi juga digemari. Padahal, makanan dan minuman ini bisa menjadi penyebab sakit maag.

“Kebiasaan minum kopi sebelum makan atau minum kopi dalam jumlah banyak demi menghilangkan kantuk atau saat nongkrong dengan teman-teman, hingga suka mengonsumsi makanan tinggi lemak dan sangat pedas sudah terbukti menyebabkan penyakit maag,” ucap dr. Helmin Silalahi.

Khusus untuk kebiasaan makan pedas, makanan ini mampu membuat produksi asam meningkat. Selain itu, kandungan capsaicin di dalam cabai yang bisa membuat makanan menjadi pedas mengiritasi lambung.

Hal ini akan membuat lambung rentan mengalami luka. Sementara itu, makanan yang tinggi lemak atau makanan yang digoreng bisa membuat laju pencernaan menjadi semakin lambat. Hal ini akan memicu produksi asam lambung lebih lama dan akhirnya membuat asam lambung yang berlebihan ini naik hingga ke kerongkongan.

Kopi termasuk dalam minuman yang tinggi kandungan kafein. Meskipun berfungsi sebagai stimulant atau penambah energi, kandungan ini bisa merangsang peningkatan produksi asam lambung. Bahkan, kafein juga telah terbukti mampu membuat tidak berfungsinya katup diantara lambung dan tenggorokan dengan baik sehingga membuat asam lambung lebih rentan naik hingga ke kerongkongan atau mulut.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat jika ingin mencegah datangnya maag atau kenaikan asam lambung. Caranya adalah dengan selalu makan tepat waktu, menurunkan asupan makanan pedas dan berlemak, memperbanyak asupan makanan berserat seperti sayur dan buah, dan mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Jika memang lambung cenderung sensitif pada kopi atau minuman bersoda, ada baiknya menghindari minuman ini agar tidak mengalami dampak kesehatan.