Benarkah Mie Instan Bisa Sebabkan Usus Lengket?

Risiko-bumil-mie-instan-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Else Hui

DokterSehat.Com– Beberapa waktu lalu, terdapat sebuah kasus yang menyebutkan bahwa seorang anak berusia 6 tahun bernama Hilal dari Garut, Jawa Barat yang mengalami usus lengket dan bocor akibat kebiasaan terlalu sering mengonsumsi mie instan. Sebagai informasi, Hilal disebut-sebut mengonsumsi 2 porsi mie instan setiap hari. Sebenarnya, apakah memang kebiasaan mengonsumsi mie instan bisa menyebabkan efek kesehatan ini.

Media lokal pun kemudian melakukan investigasi tentang hal ini. Kejadian ini ternyata berlangsung pada 2008 namun baru ramai diberitakan di berbagai media pada akhir 2009. Prosedur operasi akibat usus bocor memang benar dialami oleh Hilal, namun belum bisa dipastikan bahwa mie instan adalah penyebabnya. Hanya saja, makanan memang bisa jadi menyebabkan efek usus lengket dan bocor.

Pakar kesehatan dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Universitas Indonesia menyebut mie instan tidak terkait langsung dengan usus lengket. Justru, konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat sakit kepala atau obat peradangan bisa jadi penyebabnya. Beberapa kondisi kesehatan seperti tifus juga bisa menjadi pemicunya.

“Mie instan hanya memiliki kandungan tepung yang kaya akan lemak dan rotein. Logikanya, kandungan ini tidak terkait dengan usus lengket atau bocor. Hanya saja, jika kita terkena infeksi di usus halus seperti terkena tifus, misalnya, kita seharusnya mengonsumsi makanan yang lembut tapi malah makan mie instan. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan usus lengket atau bocor,” ungkap dr. Ari.

Beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan datangnya usus lengket adalah yang memiliki zat berbahaya seperti bahan pewarna tekstil, formalin, dan boraks. Makanan-makanan inilah yang harus kita hindari.

“Kalau makanan sudah mendapatkan izin edar BPOM, berarti makanan ini boleh untuk dikonsumsi. Mie instan sudah memiliki izin tersebut. Hanya saja, kita juga harus memperhatikan kandungan gizi mie instan yang rendah sehingga tidak baik jika dikonsumsi setiap hari,” lanjut dr. Ari.

Selain rendah gizi, pakar kesehatan juga menyebut mie instan kaya akan kandungan sodium atau MSG yang jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. Hal ini juga menjadi alasan mengapa mie instan sebaiknya tidak sering kita konsumsi.