Terbit: 30 Oktober 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mie instan dan gorengan adalah dua jenis makanan yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sayangnya, keduanya dikenal luas sebagai makanan yang tidak sehat. Hanya saja, jika kita boleh memilih, sebenarnya gorengan atau mie instan yang lebih tidak sehat sehingga bisa kita hindari?

Mana yang Lebih Tidak Sehat, Mie Instan atau Gorengan?

Pakar kesehatan menyebut gorengan sebagai makanan yang kaya lemak dan kolesterol sehingga bisa membahayakan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sementara itu, mie instan memiliki kandungan kalori yang tinggi namun miskin nutrisi. Keduanya memiliki kadar kalori yang tinggi sehingga jika sering dikonsumsi bisa memicu kenaikan berat badan.

Pakar kesehatan Ir. Helda Khusun, MSc, PhD melalui penelitian berjudul Calorie Intake and Physical Study menyebutkan bahwa sektiar 51,4 persen asupan kalori masyarakat Indonesia berasal dari makanan berkarbohidrat layaknya mie instan, nasi, dan roti. Sisanya, yakni 34,2 persen adalah makanan berlemak termasuk gorengan dan 14,5 persen adalah protein.

“Sayangnya, kita masih sering mengonsumsi makanan seperti gorengan, minuman manis dengan tambahan gula, makanan manis, dan keripik. Hal ini membuat asupan kalori menjadi berlebihan” ungkap Ir. Helda.

Pola makan yang tidak sehat ini dan ditambah dengan kecenderungan masyarakat Indonesia yang malas berjalan kaki membuat kita lebih rentan terkena obesitas yang berlanjut pada berbagai penyakit berbahaya lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

“Di kota besar, hanya 28 persen orang yang mau melakukan aktivitas fisik secara rutin. Sektiar 59,4 persen menerapkan gaya hidup kurang gerak seperti terlalu banyak duduk akibat bekerja di depan komputer selama lebih dari enam jam dalam sehari,” lanjut Ir. Helda.

Bagi kaum pria, mengonsumsi mie instan, keripik, dan teh manis bisa menyebabkan risiko obesitas meningkat. Jika menerapkan gaya hidup kurang gerak, risikonya bisa meningkat hingga 1,5 kali lipat. Sementara itu, bagi wanita, risiko akibat menerapkan gaya hidup tidak sehat ini mencapai 2,7 atau 3 kali lipat.

Melihat adanya fakta ini, tidak ada yang lebih sehat diantara mie instan dan gorengan. Keduanya sama-sama tidak sehat dan tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Ada baiknya kita menurunkan frekuensi memakannya atau bahkan benar-benar menghindarinya. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula secara berlebihan setiap hari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi