Micin Bisa Menyebabkan Migrain?

inilah-penyebab-dan-cara-mengatasi-pusing-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com– Meski sudah digunakan sebagai bumbu penyedap makanan oleh umat manusia dalam waktu yang sangat lama, dalam realitanya micin masih dituding sebagai salah satu penyebab masalah kesehatan yang sering kita alami. Bahkan, banyak rumor yang menyebut micin sebagai penyebab anak-anak menjadi bodoh dan malas berpikir.

Rumor lain yang beredar mengenai penggunaan micin adalah bisa memicu migrain atau sakit kepala sebelah. Sebagaimana kita ketahui, migrain bisa sangat merepotkan karena rasa nyerinya mampu membuat kita kesulitan melakukan berbagai aktivitas. Sebenarnya, apakah memang micin atau MSG bisa menyebabkan dampak buruk ini?

Dilansir dari Reader’s Digest, pakar kesehatan Alec Mian, PhD menyebutkan bahwa meskipun rumor bahwa micin bisa menyebabkan migrain sudah tersebar luas, dalam realitanya micin tidak akan memberikan efek buruk tersebut. Makanan yang memiliki kandungan MSG sama sekali tidak memiliki kaitan dengan kasus migrain. Hanya saja, pengecualian terjadi pada orang yang memang alergi dengan MSG namun mengonsumsinya. Salah satu reaksi alergi yang bisa muncul adalah kepala pusing atau migrain.

Migrain adalah salah satu penyakit yang cenderung lebih sering menyerang wanita daripada pria. Penyebab dari migrain pun sangat beragam. Hanya saja, seringkali kondisi ini terjadi jika kita sedang mengalami stres, membawa beban yang sangat berat pada pundak, memiliki faktor keturunan berupa keluarga yang juga sering terkena migrain, hingga terjadinya gangguan saraf pada otak.

Jika migrain sering terjadi dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan menemukan cara untuk mengobatinya.